Plt.Bupati Muara Enim, H Juarsah,SH Lakukan Tanam Perdana Porang di Desa Lecah

Pewarta : Iwan Brata

sigiku.com, Kab.Muara Enim – Saat melaksanakan Ngantor di Desa Lecah, Kec.Lubai Ulu, Plt.Bupati Muara Enim H.Juarsah,SH beserta rombongan melakukan tanam Porang perdana, Jum’at (04/12/20).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Lubai Ulu, Wien Wierma Putra,SSTP.,M.Si, Kasi Trantib, Lukman Hakim, Ketua TP PKK Lubai Ulu, Nicky Permatasari,SE, Kepala Desa Lecah, Edi Hermanjaya, Ketua Kelompok TaniLlecah Sejahtera Babinkamtibmas, Babinsa dan masyarakat Desa Lecah.

Menurut Kepala Desa Lecah, Edi Hermanjaya, Porang banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik dan penjernih air, selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan lem dan “jelly” yang dalam beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke Negeri Jepang dan China.

Penanaman perdana dan sosialisasi tanaman tanaman jenis Porang dilaksanakan diatas lahan 1 (satu) Ha milik Kelompok Tani Lecah Sejahtera.

“Umbi porang banyak mengandung Glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental,” terangnya.

Disebutkan, Porang adalah tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60%. Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl.

Sifat tanaman ini dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan dibawah naungan tegakan tanaman lain. Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil).

Kades Lecah Edi Hermanjaya mengucapkan terima kasih kepada rombongan Plt.Bupati Muara Enim, H Juarsah SH yang telah melaksanakan tanam perdana Porang didesanya.

“Pohon porang ini sebenarnya sudah lama ditanam oleh masyarakat Indonesia penanaman Porang sudah lama berjalan. Diharapkan melalui pencerahan ini akan memberikan semangat kembali kepada masyarakat tentang manfaat tanaman Porang,” ujarnya.

Menurutnya, dari nilai ekonomis dan cara penanamannya sangat mudah, “Memang Porang sangat menguntungkan, selain harganya mahal juga cara penanamannya sangat mudah, cukup sekali tanam maka akan tumbuh dan berkembang secara otomatis”, ujarnya.

Diharapkan kedepan Dinas Pertanian kabupaten muara enim dapat mengembangkan budidaya pohon porang ini, sehingga bisa menjadi nilai ekonomis yang dapat memberikan nilai tambah untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Plt.Bupati Muara Enim, H Juarsah,SH juga membagikan cinderamata berupa 1 buah mimbar 2 buah kipas Angin 1 buah wereles 2 buah bola volley.

(80)