Garut Menjadi Tuan Rumah Porprop ke-XIV Jawa Barat

Pewarta : Agus Lukman

sigiku.com, Kab.Garut – Kabupaten Garut ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah PORPROV (Pekan Olahraga Provinsi) Jawa Barat yang ke XIV. Dalam hal itu, Kabupaten Garut melakukan beberapa persiapan demi kelancaran kegiatan pekan olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut, Usep Basuki Eko mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan pada bidang infrastruktur dengan membangun beberapa sarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan POPROV ke XIV tersebut.

“Nanti tahun 2021 sesuai dengan yang sudah ditetapkan, Garut menjadi salah satu tuan rumah untuk porprov yang akan dilaksanakan tahun 2022. Ini akan dibangun tahun 2021 sarana aquatik dengan dana 35 milyar (rupiah),” kata Eko saat ditemui di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga yang berada di Ciateul, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut

Awalnya, lanjut Eko, Kabupaten Garut ditetapkan menjadi tuan rumah akuatik saja, akan tetapi setelah melakukan rapat koordinasi bersama KONI (Komite Olahraga Nasional) Jawa Barat, Kabupaten Garut mendapat tambahan cabor yaitu futsal, basket, sepak takraw dan arung jeram.

“Untuk porprov ini kita ditetapkan sebagai tuan rumah untuk akuatik, namun kemarin hasil rapat KONI Jabar ini ada beberapa cabor yang tadinya di Tasikmalaya karena ketidaksiapan Tasikmalaya ini akan dialihkan salah satunya ke Garut, jadi Garut nanti akan ada tambahan untuk futsal terus basket, sepak takraw dan arum jeram,” lanjut Eko.

Untuk sarana lain yang akan digunakan dalam kegiatan pekan olahraga, sudah disediakan dan akan dilakukan tahap penyempurnaan baik itu yang dimiliki pemerintah maupun yang dimiliki masyarakat.

“Selanjutnya untuk sarana lainnya ini tinggal disempurnakan contohnya untuk basket sudah tersedia, kemudian untuk futsal juga lapangan sudah siap baik itu yang dimiliki oleh pemerintah maupun masyarakat ataupun swasta termasuk arum jeram,” imbuhnya.

Tak hanya di bidang infrastruktur, Dinas Pemuda dan Olahraga juga mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang akan membantu dalam pelaksaan kegiatan PORPROV seperti dalam hal perwasitan, juri, dan panitia pendukung di dalamnya.

“Dibanding sarana dan prasarana kita juga mempersiapkan SDM, ini kita bekerjasama karena porprov ini hajatnya KONI, kita mendukung KONI sepenuhnya itu sudah mempersiapkan SDM untuk tiap-tiap cabor untuk perwasitan, untuk juri, kepanitiaan dan lain-lainnya ini sudah disiapkan,” pungkas Eko.

(6)