DNK Adalah Kepala Sekolah Dengan 1.000 Talenta

Pewarta : Avenk

Koran SINAR PAGI, Kota Sukabumi – Saat sengaja dikunjungi dikediamannya disalah satu sudut Kota Sukabumi, Dudung Nurullah Koswara yang biasa disebut Bapak DNK ini tampak tengah menikmati hari libur bersama dengan keluarga kecilnya.

DNK merupakan salah satu Tokoh Pendidikan yang multitalenta, yang layak menjadi bahan berita agar menjadi inspirasi bagi masyarakat.

Dalam wawancara khususnya, DNK selalu menjawab dengan tawadhu, “Saya bukan siapa-siapa, namun bila wawancara ini untuk memberi manfaat dan inspirasi bagi sesama, silahkan saja”, ucapnya, membuka pembicaraan, Minggu (28/11/20) lalu.

Dudung Nurullah Koswara lahir dari pasangan Amir Jaya seorang tentara dan ibunya seorang guru SD. Ia memiliki sikap tegas dan militansi yang turun dari ayahnya dan punya gen mendidik dari ibunya.

Kali ini Koran SINAR PAGI ingin mengulik lebih jauh tentang keunikan dan keberbakatan sosok DNK yang luar biasa. Ternyata Ia adalah diantara seorang kepala sekolah dengan sejumlah bakat atau multitalenta.

DNK adalah seorang kepala sekolah dengan 1.000 talenta, sehingga dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, Dudung adalah seorang guru dan dia pendidik yang genuine.

Dudung mengaku insting mendidiknya lahir dari panggilan hati dan dia bangga menjadi guru. Pandangan wartawan Koran SINAR PAGI, Dudung adalah guru yang paling narcis, dan selalu mengatakan bahwa profesi paling terhormat di muka bumi diantaranya adalah menjadi seorang guru.

Selain memiliki bakat genuine sebagai seorang guru, ternyata DNK piawai berolah vokal, sehingga pantas saat usianya masih muda, mampu menyabet gelar Juara I (satu) tingkat Jawa Barat di bidang tarik suara.

“Saat masih muda dulu, saya juga pernah menjadi Juara I tingkat Propinsi Jawa Barat dibidang tarik suara,” ungkapnya, seraya mengaku bernyanyi adalah salah satu hobby nya.

Disamping pernah menjadi Juara tarik suara, berikut talenta seorang DNK yang berhasil dirangkum KSP, Dudung adalah, 1) seorang guru, 2) seorang penyanyi, 3) seorang pelukis/pemahat ice carving, 4) ahli membuat ice cream, 5) ahli menulis opini pendidikan, 6) organisatoris PGRI, pengalaman dimulai dari ranting sampai menjadi Ketua PB PGRI, 7) pengarang lagu, 8) motivator anak didik, 9) naras sumber menulis dan organisasi guru, 10) penulis puluhan buku, 11) aktifis medsos, 12) seorang kepala sekolah, 13) menjadi ketua sejumlah forum dan sejumlah talenta lainnya.

Sosok DNK adalah sosok yang langka dalam dunia Pendidik, kendati demikian, sebagai manusia biasa Ia mengaku punya banyak kekurangan dan kelemahan, “Saya hanya manusia biasa, dibalik berbagai kebisaan yang saya miliki, banyak pula kekurangannya,” ucap Dudung.

Saat dimintai pendapatnya terkait talenta agar bisa meraih sukses dalam menjalani hidup, DNK mengatakan, “Minimal ada 5 keharusan. Pertama harus kuat kemauan, Kedua, kuat belajar dan belajar, Ketiga, harus kuat keberanian, Keempat, harus kuat keyakinan dan Kelima harus kuat keikhlasan dalam menghadapi kegagalan dan hinaan orang lain,” pungkasnya.

(57)