Babinsa Koramil 08/Rambang Lubai, Cek Debit Air Sungai

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Curah hujan yang tinggi di wilayah Kecamatan Lubai membuat para Babinsa Koramil 08/RL semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya bencana alam.

Terutama, terhadap ancaman banjir disepanjang bantaran Sungai Lubai di Kecamatan Lubai dan Sungai Rambang di Kecamatan Rambang, Desa Sugi Waras Kabupaten Muara Enim.

Untuk itu, Babinsa sebagai Pembina Desa selalu sigap mengantisipasi kejadian tersebut.

Seperti di Desa Sugiwaras, Kecamatan Rambang, akibat tingginya curah hujan, mengakibatkan ketinggian air sungai mencapai 70 cm, dan air pun meluap, hingga menggenangi pemukiman warga.

Tidak ada korban jiwa maupun kerugian materiil dalam bencana ini, dan air pun tampak sudah mulai surut.

Atas kejadian tersebut, Babinsa Koramil 08/RL, Serda Hidayat bersama Pjs.Kades Beringin, Gunadi bersama Sekdes dan perangkat Desa Beringin memonitor debit air.

Babinsa mengingatkan warga yang tinggal disekitar bantaran sungai agar selalu waspada terhadap air sungai yang bisa tiba-tiba meluap.

Sementara Danramil 08/RL, Kapten Czi Didi Suratman menghimbau kepada warga untuk berhati – hati mandi dan mencuci di sungai, karena debit air sungai sedang tinggi, akibat intensitas hujan yang cukup tinggi akhir – akhir ini.

“Masyarakat kita minta lebih berhati-hati dan waspada, curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan air sungai meluap ke pemukiman warga, terutama di bantaran sungai,” jelasnya.

Pengecekan rutin yang selalu dilakukan para Babinsa dilakukan sesuai petunjuk dari Danramil 08/RL Kapten Czi Didi Suratman, dimana para Babinsa diminta untuk selalu waspada dengan wilayah binaannya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90