Rapat Kordinasi Dengan Kementerian Pariwisata, Bupati Dairi Usulkan Pembangunan Infrastruktur Pariwisata Di Dairi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Nuraisyah Tinambunan

Koran SINAR PAGI, Sidikalang,- Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melalui vidcon mengajukan usulan permohonan pembangunan objek wisata danau toba, Sildan sabungan yang menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Dairi kedepan untuk pemasukan income PAD.

Usulan dan Permohonan kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI melalui Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan.

Kosmas Harefa terkait Kegiatan Pembangunan Infrastruktur Pariwisata, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba di Kabupaten Dairi.

Demikian Bupati Dairi menyampaikan usulan dan permohonan pembangunan objek wisata Danau Toba Silalahi pada rapat Kordinasi Monitoring dan Evaluasi Pengembangan DPSP Danau Toba diruang Kerja Bupati, Rabu (16/09/20).

Pengajuan permohonan itu, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menjelaskan bahwa usulkan Kegiatan Pembangunan Infrastruktur Pariwisata DPSP Danau Toba yang ada di Kabupaten Dairi, diantaranya adalah pembangunan amenitas pariwisata terpadu di resort ekowisata rumah tinggal di Kecamatan Silahisabungan.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, lebih lanjut mengatakan, pembangunan amenitas pariwisata meliputi penataan bumi perkemahaaan 1000 tenda. Penataan akomodasi konsep home stay.

Penataan jalan setapak, pertanian bawang, pembangunan lokasi event pariwisata, pembangunan kerajinan pertenunan ulos dan sentra industri kuliner, pembangunan convention hall (sopo godang) serta pengembangan dermaga pariwisata. Ujar Bupati.

Bupati juga mengusulkan penataan/pembangunan amenitas pariwisata view point Simandar di desa Silalahi I dan Siattar Atas yang berada di Desa Silalahi 3 Silahisabungan.

Pengusulan pembangunan peningkatan kualitas jalan akses utama ke Silahisabungan tepatnya di Jl. Lae Pondom-Silahisabungan serta pengadaan kapal wisata di Silahisabungan, merupakan harapan warga Desa Silahisabungan khususnya dan umumnya Kabupaten Dairi ”ujar Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Dalam rapat Kordinasi dan Evaluasi Monitoring melalui Vidcon itu, Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Kosmas Harefa menyebutkan bahwa semua usulan yang dilakukan harus sesuai prioritas dan belum diakomodir di anggaran lain seperti APBD, DAK dll.

“Saran saya kepada seluruh kepala daerah yang sedang mengikuti Vidcon ini, supaya usulan yang disampaikan harus betul-betul yang prioritas dan belum ditampung di anggaran lain, untuk menghindari adanya ketimpangan, ”ujar Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Kosmas Harefa.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam kesempatan itu menegaskan dan juga memastikan bahwa semua usulan yang disampaikan belum ada ditampung dianggaran manapun. Ujar Bupati berharap usulannya dapat terealisi.

Rapat Kordinasi dan Evaluasi, Monitoring melalui Vidcon bersama Bupati Dairi diikuti Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dairi, Mahadi Kudadiri,SH, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Dairi dan Perwakilan Bappeda.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90