Pandangan Generasi Milenial Dihari Pramuka ke 59

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin
Koran SINAR PAGI (Banyumas)-, Organisasi Pramuka berulang tahun yang ke-59 tahun, pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya. Di era milenial seperti sekarang, maka perlu peran untuk melestarikan dengan cara mempromosikan.

Pramuka bertahan di era digital bersama kaum milenial. “Pramuka adalah generasi muda luar biasa, yang terus bergelut dengan teknologi informasi dan komunikasi. Pada era digital ini, Pramuka tidak hanya dituntut untuk mengamalkan dasa dharma di kehidupan sehari-hari, namun juga menjadi agen kebaikan yang aktif menyampaikan edukasi melalui media sosial,” ujar Nur Fadilah selaku siswi di SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang Banyumas

Nur Fadilah mengatakan, kegiatan Pramuka itu sangat menarik dan dapat membentuk karakter seseorang. Seperti pada kegiatan PBB, perkemahan, dan bakti sosial memiliki tujuan untuk peduli sesama, menumbuhkan jasmani dan rohani yang kuat, juga meningkatkan nasionalisme.

Selain itu, Guru Pramuka yang mengajarkan siswi yang kerap dipanggil Dila ini bernama Agus Priyanto, diakuinya sangat berkesan dalam mengajarkan nilai-nilai kehidupan, bukan hanya tentang pramuka, melainkan tentang kerja keras, semangat, menghargai setiap proses, mengajarkan bercocok tanam, dan lainnya.

Kini, Organisasi Pramuka yang berlaku sebagai ekstrakurikuler, sudah diwajibkan untuk jenjang Pendidikan dari SD sampai SMA yang mana perlu dilakukan perekrutan anggota. “Bantara menjadi sosok kakak yang membimbing adik-adiknya mempunyai bekal dan pelatihan, sehingga nantinya, mampu menjadi sosok partner dalam mengemban amanah. Di masa penegak kita menjadi sosok yang mandiri dan siap mengabdi kepada masyarakat,” jelasnya.

Dia menyampaikan muda mudi Pramuka akan mampu menjadi teladan dan membentuk karakter bagi bangsa.

“Pramuka harus sesuai dengan namanya yaitu Pramuka, Yang Muda Yang Berkarya, pramuka diharapkan mampu berkarya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Pramuka juga harus mampu memunculkan kreativitas di tengah globalisasi, mampu membentuk karakter bangsa. Untuk itu, gerakan pramuka harus menjadi teladan, menjadi contoh gerakan perubahan,” tegasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90