Pemdes Jiwa Baru Alihfungsikan Kantor Desa Jadi Rumah Isolasi Covid 19

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Sebagai upaya antisipasi Penyebaran Covid 19 Pemerintah Desa Jiwa Baru Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim mempersiapkan sebuah ruang karantina mandiri bagi pemudik.

Menurut Kepala Desa Jiwa Baru, Panji Lesmana, dibuatnya ruang karantina tersebut sebagai tindak lanjut dari perintah agar posko Covid menyediakan rumah isolasi bagi ODP dengan mengalihfungsikan ruang kantor desa.

“Kalau selama ini yang dilakukan kepada para ODP hanya dicek suhu tubuh, pendataan hingga penyemprotan disinfektan terhadap barang – barang bawaan serta kendaraannya, namun sekarang, pemudik harus menjalani karantina mandiri, selama 14 hari,” katanya, Kamis (30/04/20).

Saat ada pemudik atau Orang Dalam Pemantauan (ODP) datang ke Desa Jiwa Baru, tambah Panji, selain bakal langsung dicek kesehatannya di posko, kemudian disuruh mandi, baru diperbolehkan pulang ke rumah, kalau seandainya tidak ada gejala,” ujarnya.

Diungkapkan, di kantor desa yang akan digunakan sebagai tempat karantina mandiri telah dilengkapi tempat tidur dan keperluan lainnya.

“Selain dilengkapai, tempat tidur, disediakan juga kamar mandi, termasuk makan dan minum, dananya dibebankan pada APBDesa tahun 2020 dari Dana Desa,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90