Akan Berlalu Wabah Corona, Sya’ban Pintu Ramadhan Dibuka

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Bandung)-, Kasus Virus Corona (COVID-19) dilaporkan absen dalam seminggu terakhir di Wuhan, Provinsi Hubei. Aturan lockdown juga segera dilonggarkan. Kesedihan warga Wuhanpun mulai berganti dengan kegemberian.

Berdasarkan laporan liputan6.com dikutip dari media China Xinhua, Rabu (1/4/2020), tidak ada kasus baru Virus Corona COVID-19 hingga perhitungan per 31 Maret kemarin. Ini berarti genap seminggu tak ada kasus baru di kota yang menjadi episentrum virus tersebut.

Ahirnya setiap musibah yang ditakuti akan berlalu, dan setiap manusia akan terus mengikuti berputarnya waktu. Bulan suci Ramadhan terhitung sebentar lagi datang. Tak sampai satu bulan lagi, bulan penuh ampunan bagi umat Islam ini tiba di tahun 1441H/2020M.

Berbagai ungkapan menyambut bulan Ramadhan disampaikan para pengguna media sosial dengan beragam ekspresi. Atau masyarakat islam di nusantara dengan latihan menyabut tamu agung yang memiliki malam seribu bulan.

Pembicaraan mengenai Ramadhan memang ramai pada hari ini, Kamis (26/03/2020). Pantauan hidayatullah.com pada sekitar pukul 09.50 WIB, pembicaraan tentang Ramadhan sempat masuk dalam 10 besar trending topic se-Indonesia.

Sejumlah ulama dan tokoh pun sudah mengingatkan para netizen perihal akan datangnya lagi bulan suci Ramadhan. Seperti disampaikan Pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar.

Begitu pula yang diingatkan oleh ulama masyhur asal Cirebon, Jawa Barat, Ustadz Yahya Zainul Maarif. Ia mengajak umat Islam untuk beribadah secara serius di bulan Sya’ban 1441H/2020M, sebagai pintu menuju bulan puasa Ramadhan.

Menariknya, banyak pembicaraan warganet yang mengaitkan bulan Ramadhan dengan pandemi virus corona jenis baru (Covid-19) saat ini.

Para pengguna media sosial dan masyarakat umum banyak yang berharap agar wabah global itu segera berakhir, sehingga umat Islam dapat beribadah Ramadhan dengan lebih khusyuk.

Ulama masyhur asal Cirebon, Jawa Barat, Ustadz Yahya Zainul Maarif mengajak umat Islam untuk beribadah secara serius di bulan Sya’ban 1441H saat ini.

Buya Yahya, demikian dikenal, menjelaskan bahwa Sya’ban merupakan di antara bulan mulia dalam agama Islam. Bulan ini sebagai pintu menuju bulan puasa Ramadhan.

Ia menjelaskan, jika seorang Muslim bersungguh-bersungguh menjalankan ibadah pada bulan Sya’ban, maka pada bulan suci Ramadhan akan mendapatkan kesuksesan.

“Sya’ban adalah salah satu bulan yang mulia. Bulan ini adalah pintu menuju bulan Ramadhan. Siapa yang berupaya membiasakan diri bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan ini, ia akan akan menuai kesuksesan di bulan Ramadhan,” pesan Buya Yahya pantauan hidayatullah.com melalui akun resminya di Instagram.

Menurut Buya Yahya, dinamakan Sya’ban karena pada bulan itu terpancar bercabang-cabang kebaikan yang banyak (yatasya’abu minhu khairun katsir).

Menurut pendapat lain yang dikutipnya, Sya’ban berasal dari kata Syi’b, yaitu jalan di sebuah gunung atau jalan kebaikan.

“Dalam bulan ini terdapat banyak kejadian dan peristiwa yang sangat perlu diperhatikan oleh kaum Muslimin.

Pada bulan ini, juga ada beberapa amalan yang biasa dilakukan oleh para Salafuna shaleh untuk mempersiapkan dan melatih diri dengan memperbanyak ibadah dalam rangka menyambut bulan Ramadhan,” paparnya.

Ajakan Buya Yahya untuk beribadah serius itu disambut positif oleh warganet. Pengguna media sosial pun berharap agar wabah virus corona jenis baru (Covid-19) segera berlalu.

“Mudh2n dengan datang nya Sya’ban dan Ramadhan semua Bala diangkat oleh Allah Ta’ala,” tulis @zendonjuan mengomentari unggahan Buya Yahya.

Unggahan itu hingga Kamis pagi telah mendapat sebanyak lebih dari 2.349 tanda suka.

Sebelumnya, di tengah pandemi Covid-19 yang menyita perhatian mayoritas publik Indonesia bahkan dunia, KH Abdullah Gymnastiar mengingatkan umat Islam akan kehadiran bulan suci Ramadhan.

Pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid ini mengingatkan bahwa bulan penuh ampunan tersebut sebentar lagi menghampiri.

“Tidak terasa bulan Ramadhan kurang dari 1 bulan lagi,” Aa Gym, sapaannya, mengingatkan lewat Instagram resminya pada Rabu.

Aa Gym menyampaikan doa dan harapannya agar dimudahkan untuk bisa bertemu bulan puasa.

“Ya Alloh mudahkanlah, bimbinglah kami untuk menggapai RidhaMu dan sampaikanlah kami ke bulan RamadhanMu,” harapnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90