SMAN 3 Kota Sukabumi Kembali Mengadakan Lomba Duta Lingkungan

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Avenk/Ida

Koran SINAR PAGI, Kota Sukabumi,- SMA N 3 Kota Sukabumi kembali menyelenggarakan Lomba Duta Lingkungan, tingkat Kota Sukabumi, dengan peserta para duta lingkungan dari Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP), selain itu diadakan juga lomba serupa untuk internal SMAN 3 (antar kelas).

Lomba ini diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari SMPN 10, SMPN 16 dan SMPN 7 sedangkan untuk kategori internal diikuti oleh 21 peserta perwakilan tiap kelas.

Menurut Kepala SMAN 3 Kota Sukabumi H Agus Indrayana, Lomba Duta Lingkungan ini rutin dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari kegiatan Gebyar Smantie Cup (GSC).

H Agus Indrayana, Kepala SMAN 3 Kota Sukabumi

“Sebagai sekolah yang sudah meraih predikat sekolah sehat Adiwiyata Nasional 2016 dan Adiwiyata Mandiri tahun 2018, kami berkewajiban untuk mengajak seluruh masyarakat, terutama generasi muda untuk peduli terhadap kesehatan lingkungan,” ujarnya saat ditemui koransinarpagijuara.com diruang kerjanya, Jum’at (28/02/20).

Agus berharap, melalui kegiatan ini akan banyak melahirkan duta – duta lingkungan yang bisa mengajak untuk menjaga lingkungan terutama masalah sampah yang penanganannya tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah saja, tapi harus melibatkan semua elemen masyarakat.

“Nantinya para duta lingkungan ini bisa turut menyampaikan kepada masyarakat tentang bagaimana menjaga kesehatan lingkungan, salah satunya dengan mengurangi penggunaan kantong plastik, sebab kalau hal ini dibiarkan, maka 5 – 10 tahun kedepan, masalah sampah di Kota Sukabumi akan lebih sulit untuk ditangani,” tandasnya.

Sementara Hilda Sampakoe salah satu pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup, Kota Sukabumi, mengapresiasi SMAN 3 Kota Sukabumi yang secara kontinyu melaksanakan Lomba Duta Lingkungan.

“Kegiatan ini sangat positif, karena memang untuk menumbuhkan kesadaran tentang kesehatan lingkungan itu harus diterapkan sejak dini,” ujarnya.

Menurutnya, SMAN 3 menjadi pioneer, yang secara konsisten melaksanakan kegiatan ini selama bertahun – tahun, “Ini bisa menjadi contoh bagi sekolah atau lembaga lain agar peduli terhadap lingkungan,” tambahnya.

Dia optimis, dari kegiatan ini akan muncul duta – duta yang peduli terhadap kesehatan lingkungan, “Saya berharap kegiatan ini akan terus dilaksanakan, sehingga muncul bibit – bibit yang peduli lingkungan dan ini sangat membantu kami, baik Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi maupun komunitas – komunitas pencinta lingkungan,” pungkasnya.

Pos terkait

banner 468x60