Dewan Pendidikan Audiensi Dengan Komisi V DPRD Jawa Barat

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Senin, 24 Februari 2020, Dewan Pendidikan Jawa Barat (DPJB) mengadakan audiensi dengan Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat. Rombongan ketua beserta anggota DPJB sebanyak tujuh orang diterima oleh wakil ketua komisi V Abdul Hadi Wijaya. Audiensi dimulai pukul 13.30 WIB. Pada kesempatan itu, ketua DPJB Dr. H. Amung Ma’mun menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan audiensi ini adalah silaturahmi kepada DPRD sebagai salah satu pemangku kepentingan (stake holder) bidang pendidikan. Silaturahmi ini merupakan yang pertama kali dilakukan pascaanggota DPJB dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tanggal 17 Juli 2019.

Selain bersilaturahmi, audiensi bertujuan untuk bertukar pandangan berkaitan dengan optimalisasi peran DPJB dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan menuju terwujudnya visi Jabar Juara, termasuk masalah penganggaran untuk mendukung operasional berbagai program dan kegiatan DPJB.

Pimpinan bersama anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat menyambut baik audiensi tersebut, karena DPJB merupakan salah satu mitra penting dalam peningkatan mutu pendidikan di Jawa Barat mengingat begitu berat dan kompleksnya masalah pendidikan di Jawa Barat sebagai salah satu provinsi yang berpenduduk paling banyak di Indonesia. Apalagi provinsi Jawa Barat menjadi rangking dua dalam penyumbang pengangguran yang berasal dari lulusan SMK. Hal ini perlu menjadi perhatian semua pihak terkait, termasuk DPJB.

Masalah krisis karakter dan krisis moral di kalangan generasi muda perlu mendapatkan perhatian dari DPJB. Komisi V DPRD Provinsi Jabar menunggu inovasi-inovasi dari DPJB dalam menyelesaikan masalah tersebut. Mereka pun setuju jika DPJB diberikan anggaran yang memadai, karena tanpa anggaran yang memadai, DPJB dinilai kurang bisa optimal dalam melaksanakan tugasnya. Mereka juga berharap DPJB dapat menjadi saluran penampung aspirasi masyarakat dalam bidang pendidikan.

Audiensi berakhir sekitar pukul 15.00. Sebelum audiensi, Abdul Hadi Wijaya berharap bahwa komunikasi antara DPJB dengan Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat semakin meningkat agar bisa bersinergi meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Barat. Selain pimpinan dan anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat dan pimpinan beserta anggota DPJB, audiensi juga dihadiri oleh perwakilan dari Biro Yanbangsos Setda Provinsi Jawa Barat dan Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (IA-Humas DPJB).

(13)