Percasi Kabupaten Ciamis Gelar Bupati Cup Untuk Mencari Pemain Handal

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Ciamis menggelar tournamen Catur tingkat pelajar dan umum bertajuk Bupati Cup di Taman Lapang Lokasana, Sabtu – Minggu (22-23/02/20) lalu.

Hari Ramdani, Ketua Percasi Kabupaten Ciamis mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang pencarian bibit atlit Catur yang tangguh.

“Untuk Juara 1,2 dan 3 akan kita bina, sehingga menjadi atlit yang handal yang bisa membawa harum nama Kabupaten Ciamis dan diharapkan bisa menjadi juara di tingkat Provinsi bahkan nasional,” ucapnya.

Sementara Ketua KONI Kabupaten Ciamis, Yasmin Sambas mengatakan, Catur merupakan salah satu Cabang Olahraga yang sudah masuk ke ranah KONI ada di Porprov, Asean Games bahkan di Olimpiade.

“Melalui ajang Bupati Cup I yang di gelar oleh Percasi ini diharapkan akan muncul bibit-bibit dari generasi muda baik di tingkat sekolah atau umum yang mana nantinya bisa mengikuti ajang kompetisi di tingkat Porda,” katanya.

Selanjutnya menurut Erwan, Kadispora Kabupaten Ciamis, pihaknya melihat antusiasme peserta dari tingkat pelajar dan umum untuk mengikuti tournamen ini cukup tinggi.

“Animo masyarakat untuk mengikuti tournamen ini cukup tinggi, apalagi di tingkat umum, jumlah pesertanya sampai harus di batasi,” ujarnya.

Ini, menurut Erwan merupakan satu modal bagi Percasi Kabupaten Ciamis untuk berani mengambil langkah dan serius untuk melakukan pencarian bibit – atlit yang handal.

“Catur itu adalah olahraga yang bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja, untuk itu ayo kita besarkan olahraga Catur di Ciamis, kita sudah ketinggalan dengan daerah lain dimana mereka sudah mempunyai sekolah Catur dan Club Catur,” pungkasnya.

(59)