Dua Dosen Feperta UNIGA lakukan Pengabdian Masyarakat Kepada Kelompok Tani

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Salah satu dari Tri Dharma Perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat.

Siti Syarah Maesyaroh,SP.,MP dan Jenal Mutakin,SP.,MP sebagai dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Garut, melakukan pengabdian kepada masayarakat di Kelompok Tani Agro Makmur Desa Padaawas Kecamatan Pasirwangi.

Pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan cara penyuluhan yang bertema “Manfaat Tanaman Refugia sebagai Alternatif Pengendalian Hama” oleh Siti Syarah Maesyaroh. Serta “Budidaya Tanaman Sehat dengan Penerapan Pengendalian Hama konsep PHT” oleh Jenal Mutakin. Kegiatan ini didanai oleh Fakultas Pertanian Uniga.

“Budidaya tanaman sehat harus terus dikembangkan dalam upaya penyediaan produk pertanian yang aman bagi pengguna produknya serta aman bagi lingkungan”, ucap Jenal Mutakin, Senin (24/2/20).

Dalam berbudidaya tanaman tentunya banyak kendala, salah satunya adanya Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang menyerang tanaman yang dibudidayakan.

“Pengendalian OPT yang ramah lingkungan harus mulai dilakukan demi kebaikan lingkungan serta kesehatan. Salah satunya memanfaatkan tanaman refugia”, papar Siti Syarah Maesyaroh.

Pada kegiatan pengabdian ini dilakukan juga pre test dan post test yang mana diharapkan bisa menilai akan manfaat dari kegiatan yang dilakukan khususnya bagi anggota kelompok tani agro makmur.

Ketua kelompok tani agro makmur yaitu Asep Seharto mengungkapkan, “Alhamdulillah banyak manfaat yang dirasakan yaitu bisa silaturahmi dan juga banyak ilmu di bidang pertanian yang diterima kelompok tani kami. Kami berharap ada pelatihan dan bimbingan,” lanjutnya.

(8)