Makam (Pelet) Marongge Bakal Ditata Jadi Wisata Aura

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Salah satu pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yaitu juga akan ditatanya Makam Marongge yang melegenda dengan aura mistis asihanya (pelet : Sunda) hingga tempat itu dipandang perlu Pemkab Sumedang untuk dikembangkan menjadi aset wisata.

“Salah satu tempat yang bakal dikembangkan sebagai tujuan wisata yaitu ditatanya Makam Marongge yang berlokasi di Desa Marongge Kecamatan Tomo”, ujar Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di depan Wartawan usai acara Coffe Morning, dalam rangka Peringatan Hari Pers Nasional( HPN) dan Ulang Tahun PWI ke 74 di belakang Gedung Negara, Jumat (21/2/20).

Dikatakanya, selain tempat itu kini dikunjungi orang merupakan tempat ziarah, juga nanti akan dibangun semacam tempat permainan yang erat huhungan nya dengan lokasi itu.

“Misalnya kita bangun tempat permainan panah asmara, nanti pengunjung bisa menikmati permainan itu dengan mengeluarkan biaya untuk tarif nya”, jelas nya.

Diketahui, Makam Marongge dikenal sebagai tempat keramat untuk para pengunjung dalam upaya mencari pelet (perangkap cinta – red). Tempat itu sudah berada ratusan tahun silam yang berawal dari adanya empat orang puteri yang cantik jelita dari Kerajaan Mataram.

Para puteri yang cantik itu dikenal punya kesaktian tinggi dan hingga akhir hayat nya mereka tak menikah karena tak ada seorang pria pun yang berhasil mengalahkan kesaktianya termasuk salah seorang raja di zaman itu.

(258)