Kades Tanjung Kemala, Tawarkan Solusi Dalam Menyikapi Anjloknya Harga Karet

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Sudah menjadi tugas seorang pemimpin untuk membawa warganya pada taraf kesejahteraan yang lebih baik, melalui berbagai program kerja yang ditawarkannya saat berkampanye dulu, walaupun terkadang kebijakan yang diambilnya menjadi pro dan kontra ditengah masyarakat, namun itu merupakan suatu resiko dalam mempimpin.

Tak jarang kebaikan seribu bisa luntur oleh kesalahan sedikit, tapi sebenarnya itu sudah dari sejak zaman dahulu tentunya seorang pemimpin selalu mencari solusi untuk mensejahterakan masyarakatnya baik dalam pembangunan maupun dalam pemberdayaan.

Seperti halnya Kepala Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Lubai, Askolani dalam pembangunan di desanya yang tergolong sukses hampir 100% merata, baik jalan lingkar desa maupun jalan produksi.

Selama dia menjabat Kepala Desa Tanjung Kemala untuk itu juga Askolani mengajak masyarakat untuk menyikapi harga karet yang anjlok, dia berfikir durianpun tak kalah untuk penghasilan terhadap ekonomi.

“Saat ini lahan milik saya kurang lebih 3/4 hektar semua di tanam Durian,” katanya.

Ini kata dia bisa menjadi solusi menambah penghasilan, disaat harga komoditi utama Karet anjlok, “Durian juga cukup tanam satu kali, berbuah seumur hidup,” katanya.

Selain itu, harga Durian dipasaran juga cukup bagus, terlebih pada jenis – jenis tertentu yang memang memiliki kualitas baik.

Berkaitan dengan hal itu, ia menghimbau warganya untuk mencoba menanam pohon buah durian sebagai alternatif lain dari tanaman Karet.

(23)