Saber Pungli Sumedang Gelar Rakor

Pewarta Jeky
Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Bertempat di Aula Kantor Inspektorat Kabupaten Sumedang, dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Unit Pemberantasan Pungli (UPP) atau dikenal dengan Tim Saber (Sapu Bersih) Pungli Kabupaten Sumedang Tahun 2020, Selasa (04/02/20).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ketua UPP Saber Pungli Kabupaten Sumedang yang juga selaku Waka Polres Sumedang Kompol Erwin Syah, S.IK dengan didampingi oleh Wakil Ketua I Drs.Subagio, M.Si yang juga selaku Inspektur Kabupaten Sumedang.

Tim Saber Pungli dibentuk berdasarkan Perpres No. 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. Sedangkan pembentukan Tim Saber Pungli di Kabupaten Sumedang berdasarkan atas Keputusan Bupati Sumedang Nomor 700/Kep.364-Inspektorat/2018 tanggal 3 Agustus 2018 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bupati Sumedang Nomor 700/Kep.502-Inspektorat/2016 tentang Pembentukan Unit Pemberantasan Pungutan Liar di Kabupaten Sumedang.

Rapat Koordinasi diikuti oleh seluruh anggota UPP Kabupaten Sumedang yang terdiri dari unsur Inspektorat Kabupaten Sumedang, Polres Sumedang, Subdenpom III/2-1 Sumedang, Kejari Sumedang, Sekretariat Daerah, Bappppeda, dan dari unsur kademisi.

Menurut Drs. Rohaendi, M.M selaku panitia Rakor, selain dalam rangka evaluasi atas berbagai program kegiatan Tim UPP Saber Pungli di Tahun 2019 juga sebagai persiapan berbagai program dan kegiatan Kabupaten Sumedang pada Tahun Anggaran 2020.

Pada Tahun 2020 diantaranya akan dilaksanakan sosialisi ke sekolah-sekolah dengan peserta terdiri dari siswa-siswi SLTP, guru-guru, kepala sekolah, dan komite sekolah.

Juga akan dilaksanakan evaluasi dan monitoring ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Layanan Unit Daerah (BLUD), dan perangkat daerah yang ada di Kabupaten Sumedang.

Dalam arahannya Ketua Tim UPP Saber Pungli Kabupaten Sumedang Kompol Erwin Syah, S.IK mengharapkan adanya terobosan-terobosan dan perubahan ke arah yang lebih baik setelah dilaksanakannya sosialisasi dan monitoring pada 2019 yang lalu.

(19)