Tak Penuhi Syarat, Dinkes Sumedang Takan Berikan Rekomendasi RSU Berlian Kasih

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Selama RSU Berlian Kasih yang berlokasi di Desa Serang, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, tak memenuhi persyaratan untuk operasional rumah sakit maka rekomendasi dari Dinas Kesehatan takan keluar.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Sumedang, Dadang Sulaeman, melalui Kabid Pelayanan Kesehatan ( Yankes ), Emay Rosmayanti, yang disampaikan Kepala Seksi Kesehatan Primer dan Kesehatan Tradisional Bidamg Yankes, Aan Sugandi saat dikonfirmasi koransinarpagijuara.com diruang kerjanya, Rabu (29/1/20).

“Kami pernah melakukan visit (pengecekan) ke sana (RSU Berlian Kasih), namun saat di cek ternyata masih banyak persyatan teknis yang harus dipenuhi. Jadi hingga saat ini kami belum pernah mengelurkan rekomendasi untuk RSU Berlian Kasih”, jelas Aan.

Untuk mengeluarkan rekomendasi kami tidak bisa sembarangan, “Ini kan rumah sakit, sangkutanya dengan nyawa manusia. Jadi syarat nya harus lengkap agar tidak terjadi hal – hal yang tak diinginkan dikemudian hari”, tandas nya.

Aan menambahkan, prinsip nya Dinas Kesehatan tidak akan mempersulit rekomendasi selama prosedur nya ditempuh dan syarat – syarat nya dipenuhi secara benar.

Untuk persyaratannya Rumah Sakit mengacu kepada Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No. 30 Tahun 2019, disana jelas dikatakan, tinggal pemohon memenuhi saja.

“Diantaranya jumlah perawat, jumlah Bidan, jumlah tenaga dokter speciaslis dan jumlah dokter umum, alkes, laboratorium, juga syarat lainya sesuai yang tertera di PMK tersebut”, jelas nya.

Aan menambahkan hal itu semuanya sudah dijelaskan ke pihak RSU Berlian Kasih bahkan langsung ke Owner nya.

“Ini tinggal keseriusan pihak rumah sakit saja untuk memenuhinya,” tegas nya.

Aan menambahkan, Sumedang memang perlu penambahan rumah sakit, tetapi tentunya tidak lantas mengabaikan persyaratan yang sudah ditentukan.

“Itu kan nantinya untuk menjaga keselamatan pasen juga yang datang kesana,” tandas nya.

(50)