Izin Belum Tuntas, RSU Berlian Kasih Serang Sumedang Tak Bisa Operasional

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Terkait perizinan yang belum tuntas Rumah Sakit Umum (RSU) Berlian Kasih yang berlokasi di Desa Serang, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, tidak bisa melakukan operasional.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sumedang, Ade Setiawan saat dikonfirmasi koransinarpagijuara.com, usai acara lepas sambut Kepala Kejaksaan Negeri Sumedang, di Gedung Negara Sumedang, Senin (27/1/20).

“Sebelum menuntaskan perizinan, maka rumah sakit itu ( RSU Berlian Kasih ) tidak bisa melakukan operasional”, ujar nya.

Diakui Ade hingga kini pihak RSU Berlian Kasih belum menuntaskan perizinanya. Izin yang dimaksud yaitu terkait adanya penambahan (perubahan) area, hingga site plan nya harus dirubah termasuk UKL dan UPL juga Pel Banjir, dan juga rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang untuk operasional nya.

“Sepanjang hal itu belum ditempuh maka (RSU Berlian Kasih) dinilai belum menyelesaikan izin. Dan kami takan sembarangan memberikan izin karena rumah sakit menyangkut nyawa manusia”, tandas nya.

Sebelumnya Ade menerangkan pihak nya hampir membekukan bahkan mencabut izin RSU Berlian Kasih karena dia menilai tidak serius,

“Namun hal itu tidak dilakukan karena berikut nya pihak Rumah Sakit itu ada upaya untuk melanjutkan “, jelas nya.

Selain itu dikatakan Ade, pihak RS Berlian Kasih pernah memohon izin sebagian – sebagian dahulu namun pihaknya tetap menolak.

“Izin rumah sakit harus utuh, sesuai permohonan izin awal tipe C karena rumah sakit bukan cafe tetapi itu tadi menyangkut nyawa manusia”, tandas nya.

Saat diniformasikan bila kini di RS Berlian Kasih ada kegiatan proses rekruitmen karyawan, kepala perizinan itu menjawab bila hal itu diluar wilayah nya,

“Rekrutmen (karyawan) diluar kewenangan kami, kami tidak bisa ke ranah itu. Tapi prinsip nya bila Rumah Sakit itu belum menyelesaikan perizinan nya maka tidak bisa melakukan operasional”, pungkas nya.

Hingga berita ini dimuat, belum diperoleh keterangan dari pihak RSU Berlian Kasih.

(648)