Desa Talang Balai Baru II Jadi Desa Percontohan Tertib Adminduk

Pewarta : Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Ratusan warga antusias mendatangi Balai Serbaguna untuk mengurus Administrasi Kependudukan yang didakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir di Desa Talang Balai Baru 2 Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan ilir, Selasa (28/01/20).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Implementasi Tertib Administrasi Kependudukan di Kabupaten Ogan Ilir dan Desa Talang Balai Baru 2 sebagai Desa Persiapan Percontohan Tertib Administrasi Kependudukan, Pelayanan Adminduk Meliputi, Perekaman dan Pencetakan KTP, Penerbitan Kartu Keluarga, Penerbitan Akta Kelahiran, Penerbitan Akta Kematian serta Penerbitan Akta Perkawinan.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Alhmad Lutfi, Camat Tanjung Raja, Faisal, para kepala Desa se Kecamatan Tanjung Raja, berserta ratusan masyarakat yang ingin mengurus Administrasi kependudukan.

Menurut Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir, Akhmad Lutfi, acara ini adalah program dari pusat, yang harus disebarluaskan melalui Dirjen Catatan Sipil dan di instruksikan ke seluruh wilayah Indonesia supaya melaksanakan kerja ke lapangan, ke desa-desa, tidak hanya di kantor.

“Kami dari Dinas Kependudukan saat ini, sudah terjun langsung ke desa-desa guna untuk mendata masyarakat yang sudah manula atau sakit,” ujarnya.

Dia berharap kepada pemeritah setempat dan seluruh masyarakat untuk berkerja sama dalam mensukseskan program ini, “Kami juga mengharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki Kartu KTP, Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak,” ujarnya.

Saat ini, kata dia lagi, tingkat kesadaran masyarakat sudah mencapai target, “Yang hadir disini kebanyakan masyarakat yang tidak sempat untuk datang ke Dinas Catatan Sipil (capil),” katanya.

Senada yang dikatakan Camat Tanjung raja Faisal, ia sangat berterima kasih kepada Dinas Disdukcapil, yang telah hadir ke wilayah Kecamatan Tanjung Raja untuk memberikan pelayanan secara gratis kepada masyarakat dan di dalam penataan di desa.

“Kalau kepala desa benar-benar melayani masyarakat, mudah-mudahan program ini berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Talang Balai Baru II, Wail menambahkan, masyarakat se Kecamatan Tanjung Raja dan khususnya masyarakat Desa Talang Balai Baru II sangat berterima kasih atas kehadiran kepala Dinas Dukcapil ke wilayah Kecamatan Tanjung.

“Tadinya, masyarakat mengira dalam berurusan ke Dinas Dukcapil itu sulit, ternyata tidak,” katanya.

Dikatakan, seandainya masih ada yang belum selesai hari ini, pihaknya akan menyelesaikannya secara langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, pungkasnya.

(57)