Karang Taruna Desa Mekarmukti Dibentuk Menjadi Kader PKIM UPTD Puskesmas Cisaga

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI Kabupaten Ciamis,- UPTD Puskesmas Kecamatan Cisaga bentuk Kader Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat (PKIM) Tingkat Desa terkait HIV AIDS & IMS (24/01/2020)bertempat di Aula Desa Mekarmukti.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri Kepala UPTD Puskesmas Cisaga, Cucu Nursyamsudin, Kepala Desa Cisaga Mumu Masmu, 4 Kepala Dusun dan Karang Taruna Singa Perbangsa Desa Mekarmukti.

Kepala Desa Mekarmukti, Mumu Masmu dalam sambutannya mengatakan, Kadus merupakan ujung tombak masyarakat bisa bekerjasama dengan masyarakat, partisipasi dan konsentrasi kepada semua lapisan, begitupun dengan Karangtaruna diharapkan dengan dibentuknya menjadi Kader PKIM bisa menjadi pusat informasi dan kepanjangan tangan Desa Mekarmukti dan Puskesmas

Kepala Puskesmas UPTD Cisaga, Cucu Nursyamsudin mengatakan, Karang Taruna Desa Mekarmukti merupakan Karang Taruna paling tersemangat diantara desa lain yang ada di Kecamatan Cisaga.

Lanjutnya, menurut Data di Kabupaten Ciamis penderita HIV positif 501 orang dan untuk di Kecamatan Cisaga ada 9 orang, meninggal 2 orang jadi sekarang tinggal tersisa 7 orang dan beraktivitas di luar Cisaga, sekarang masih dalam pantauan terus pihak Puskesmas, ucapnya.

Tujuan dibentuknya Kader PKIM, Kepala Puskesmas adalah untuk mengurangi populasi, mencegah banyaknya penderita dan menambah kesadaran orang untuk memeriksa kesehatan, juga menghimbau kepada masyarakat untuk berperilaku baik terutama penggunaan alat Kontrasepsi dan punya hubungan baik antara suami istri, pungkasnya

(68)