Implementasi Tugas Satpol PP DiPeringatan HUT Satpam ke 39

Pewarta : Imam K

Koran SINAR PAGI, Bangka,- Pelaksana pengamanan dan penegakan Peraturan Daerah (Perda) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP). Dan segala penegakan hukum khususnya Perda di Kabupaten Bangka dinilai telah baik dilaksanakan selama ini.

Melalaui Plt. Kasat Pol PP, Kusyono Aditama menyampaikan sejauh ini sinergisitas antara SatPol PP dengan para penegak hukum lainnya telah terjalin harmonis. Melalui berbagai tugas pengamanan gabungan dan serentak dirinya menyampaikan telah rutin dilaksanakan.

“Tugas dari SatPol PP sendiri umumnya menegakan perda, tetapi kadangkala bersama dengan unsur TNI Polri lainnya melaksanakan tugas gabungan untuk pengamanan. Khususnya pada saat ada moment besar seperti Imlek, natal, tahun baru atau perayaan besar lainnya,” pungkas Kusyono.

Melalui peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) yang ke 39 Tahun juga diperingati bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangka, Rabu (22/1/2020). Bertempat di halaman Markas Polisi Resort (Mapolres) Bangka dilaksanakan upacara beserta rangkaian kegiatan lainnya.

Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono bertindak secara langsung selaku pembina upacara. Dihadapan para peserta upacara lainnya, dirinya membacakan amanat dari Kapolri, drs. Idham Aziz kepada seluruh satuan pengamanan yang ada di Indonesia.

Aris menyampaikan ucapan hari ulang tahun dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada satuan pengamanan yang tersebar di seluruh Indonesia yang telah menjaga keamanan dan ketertiban di setiap lingkungannya. Dirinya juga menekankan kualifikasi bagi seluruh satpam agar lebih memumpuni dalam melaksanakan tugas.

“Selamat ulang tahun bagi satpam yang ke 39 tahun. Semoga satpam selalu profesional dan eksistensinya semakin dirasakan masyarakat. Apresiasis juga diberikan atas kerjasama dan sinergisitas dalam memelihara kamtibmas. Semoga sinergisitas ini dapat dijaga dan ditingkatkan,” ungkap Aris.

Dirinya juga menegaskan bahwa tema peringatan HUT satpam pada tahun ini sangat sesuai dengan visi misi presiden Indonesia. Dimana bertujuan untuk meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berkompeten. Sehingga penting bagi seluruh satuan pengamanan memiliki sertifikasi terkait kompetensinya di bidang pengamanan.

“Kami menghimbau kepada seluruh satpam untuk senantiasa menjaga kesehatan dan niatkan setiap tugas sebagai ibadah, tanamkan kebanggaan satpan profesionalisme, tingkatkan kesiapsiagaan, kompetensi diri, sinergisitas dengan TNI Polri, serta gelorakan budaya penanaman pohon untuk mendukung pelestarian lingkungan,” Tutup Aris.

(3)