Rawayan Penghubung Desa Saribakti Dengan Desa Peundey, Memprihatinkan

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Jembatan Rawayan yang berlokasi di Desa Saribakti Kecamatan Peundeuy Kabupaten Garut Jawa Barat, kurang mendapat perhatian pemerintah,

Pasalnya semenjak jembatan rawayan Leuwi Kubang berdiri tahun 1972, luput dari perbaikan, demikian dikatakan Opik, warga Peundeuy didampingi H.Utis, staf Desa Saribakti yang tinggal tidak jauh dari lokasi jembatan tersebut berada, Minggu (19/1/20).

Menurutnya, jembatan rawayan yang panjangnya kurang lebih 95 meter diatas Sungai Cikaengan, sangat penting keberadaannya bagi warga dua deda yakni, Saribakti dan Peundeuy dalam melakukan rutinitas setiap harinya.

“Jembatan itu rutin digunakan warga kedua desa setiap harinya, baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan roda dua,” terangnya.

Dijelaskan, jembatan Rawayan Cikaengan masih bisa digunakan hingga kini, itu karena diperbaiki dengan dana hasil swadaya masyarakat, sehingga warga kedua desa masih dapat melalui, jembatan tersebut meskipun kondisinya memprihatinkan, jelas Opik.

Dia berharap ada perhatian dari pemerintah daerah hingga pusat, untuk memberikan bantuan untuk pembangunan jembatan Cikaengan, agar warga dapat mempergunakannya tanpa rasa khawatir, pungkasnya.

Senada dikatakan Parid, pendamping Kecamatan Peundeuy, jembatan Rawayan yang membentang diatas Sungai Cikaengan itu, perlu diperhatikan dan diperbaiki secepatnya, karena kondisinya sangat tidak representatif, untuk digunakan masyarakat kedua desa, ujarnya singkat.

(308)