Resahkan Warga Muarasanding, Damkar Evakuasi Sarang Tawon Endas

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Keberadaan sarang tawon diarea pemukiman kembali meresahkan warga. Kali ini Yuyun, Warga RT 03/07 Kelurahan Muara Sanding melaporkan keberadaan sarang tawon jenis Vespa Affinis di rumahnya.

Untuk mengevakuasi sarang tawon dengan sebutan lain tawon Endas, Dinas Permadam Kebakaran Kabupaten Garut mengerahkan 1 unit kendaraan rescue dengan 6 orang personil. Setelah memakan waktu sekitar 3 jam Sarang tawon berhasil dievakuasi petugas dengan aman pada Rabu malam (15/01).

Menurut Kepala Seksi Non Kebakaran, Dadan Wandi saat ini permintaan evakuasi sarang tawon dari warga terhitung tinggi. Karena Tawon Jenis Vespa Affinis ini dikenal dengan sengatan cukup mematikan.

Lokasi Sarang Tawon Endas yang meresahkan warga dievakuasi

“Tawon Vespa Affinis atau tawon Endas ini meresahkan warga karena efeknya tidak seperti disengat tawon biasa, dalam sehari tim rescue dapat mengevakuasi 2 s/d 3 sarang tawon,” papar Dadan.

Untuk diketahui tawon Endas ini memiliki ciri tubuh yang mudah dikenali, yakni ukuran badan agak besar dan panjang sekitar tiga sentimeter, tubuh erwarna hitam dan belang berwarna kuning atau oranye di bagian perut.

Tawon Endas bukan tawon madu melainkan tawon predator. Tawon jenis ini memiliki kemampuan untuk memasukkan racunnya ke tubuh manusia. Ada dosis kecil, jika satu-dua tawon yang menyengat, namun bisa juga dosis tinggi jika tawon yang menyengat berjumlah banyak dan bisa menyebabkan hiperalergi.

(9)