Enam Ribu Batang Pohon di Tanam Polres Sukabumi Peduli

Pewarta : Ayi Suherman

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- Peduli Penghijauan ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan yang memang saat ini butuh penanganan dari semua pihak untuk menjaga kelestariannya.

Polres Sukabumi melaksanakan pencanangan penanaman pohon dalam rangka Polri Peduli Penghijauan di Mako Polair Polres Sukabumi, Jum’at (10/01/20).

Adapun penanaman pohon ini dilaksanakan secara serentak di Polres dan di 29 Polsek Jajaran Polres Sukabumi dengan jumlah pohon 6000 batang pohon. Ada enam jenis pohon yang ditanam, yakni Albasia, Jambu, Nangka, Durian, Mangga dan Pete China, sementara lahan yang ditanami secara keseluruhan seluas 22.000 meter persegi.

Dalam sambutannya Wakapolres Sukabumi, Kompol Sigit Rahayudi yang mewakili Kapolres Sukabumi menyatakan program Polri peduli penghijauan ini merupakan instruksi langsung dari Kapolri dimana seluruh satuan dari Mabes Polri sampai dengan Polsek wajib melaksanakan penanaman pohon.

Instruksi Kapolri ini lahir dari pengalaman pribadi Kapolri yang merasakan dampak positif dari kegiatan penghijauan pada lingkungan.

Penanaman pohon ini dimaksudkan sebagai warisan untuk generasi Polri di masa depan yang akan mendapatkan mamfaatnya selain itu juga dapat di rasakan mamfaatnya oleh masyarakat umum.

Polri Peduli Penghijauan ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan yang memang saat ini butuh penanganan dari semua pihak untuk menjaga kelestariannya,” pungkasnya.

Sementara Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menyatakan dalam sambutannya sangat menyambut baik dengan kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Polres dan Polsek jajaran karena sejalan dengan misi Pemda.Kab.Sukabumi yang sedang menggalakan program penghijauan terutama dilahan kritis.

Peristiwa longsor di Desa Cimapag pada awal tahun 2019 sudah memberi pelajaran yang berharga bagi kita semua,akan pentingnya menjaga lingkungan terutama kelestarian kawasan hutan.

Saat ini Pemda Kab.Sukabumi tengah berupaya mengembalikan fungsi kawasan hutan Mataram yang berada di daerah Kec.Lengkong dan Jampang Kulon agar kembali pada fungsinya sebagai kawasan hutan.

Presiden Jokowi juga telah mencanangkan program penanaman satu juta pohon, khusus di Kabupaten Sukabumi telah berusaha mengembangkan beberapa pohon yang cocok untuk di tanam pada postur tanah berupa tebing.

Banyak wilayah di Kabupaten Sukabumi yang saat ini kawasan hutannya dalam keadaan kritis sehingga perlu mendapat perhatian dari kita semua pungkasnya.”

(6)