PDAM Tirta Raharja Tanam Ratusan Pohon Berbuah Untuk Cadangan Air Di Soreang

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kabupaten Bandung)-, Diawal tahun 2020, PDAM  (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirta Raharja Kabupaten Bandung mengadakan penanaman penghijauan pada lahan konservasi instalasi pengolahan air (IPA) Desa Sadu Soreang yang dilaksanakan pada Senin, 6 Januari 2020.

“Ada 300 pohon yang disubstitusikan dalam kegiatan penghijauan ini yang menjadi rencana ceremonial” jelasnya Direktur Utama PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung, H. Rudie Kusmayadi B.E M.Si, kepada wartawan dilokasi

Dalam program penghijauannya tersebut banyak sekali jenis pohon yang ditanam. Diantara pohon yang berbuah seperti pohon jeruk, durian, nangka, sukun, rambutan, dan melinjo.

Saat kegiatan penghijauan ini Rudi mengungkapkan bahwa penghijauan yang dilakukan bertujuan untuk dijadikan sebagai konservasi tahap pertama supaya lahan yang luas ini lebih banyak terpakai dalam penghijauan dalam upaya peningkatan cadangan air. Selain itu tujuan lain sebagai landscape (pemandangan yang asri) di sekitar instalasi.”

Luas tanah yang dijadikan sebagai lokasi penghijauan sekitar 2 (dua) hektar lebih. Namun yang baru saja di tanami pohon itu hanya sekitar 1 hektar 200 pohon.

Rencana PDAM Tirta Rahaja kedepannya setelah tanah yang luas ini berfungsi penuh. Semoga ini akan mendatangkan manfaat lebih kepada pelanggan yang jumlahnya ratusan ribu.

(Editor: Risna Oktaviani)

(14)