Warga Ogan Ilir, Melihat Penampakan Harimau di Kebun Jeruk Miliknya

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Harimau mulai bermunculan di Kabupaten Ogan Ilir seperti yang dilihat salah satu warga Desa Sri Kembang, Kecamatan Muara Kuang, Ustad Mukminin saat bermalam di pondokan kebunnya.

Ustad Mukminin saat dikonfirmasi Kamis(02/01/20) mengatakan, “Saya sangat kaget melihat ada Harimau di lokasi kebun jeruk saya, selama ini tidak pernah saya melihat ada Harimau dikebun,” ucapnya.

Saat malam tanggal (29-30/12/19) lanjutnya, ketika dirinya naik ke pondok di kebun dan menyenteri sekeliling kebun, terlihat ada anak Harimau, selanjutnya Selasa malam tanggal 1 Januari dinihari, dirinya kembali mengontrol kebun dan langsung naik ke pondok seperti biasanya, namun saat Ustadz Mukminin menaiki tangga pondokkan, dirinya mendengar ada suara seperti batuk dan bersin yang cukup kuat.

“Kuat suaranya lalu saya senterin dan terlihat 2 Harimau seperti induknya yang kira-kira sebesar Kambing, saya sendiri kaget dan rasa was was, malam itu rasa takut iya dan macam – macamlah, apalagi jarak dari pondokan tempat saya berdiri dan Harimau tersebut paling berjarak 50 meter,” tuturnya.

Dia mengaku sempat terdiam kaku saat melihat kedua Harimau tersebut berjalan dengan lambat, “Saya hanya menyenteri Harimau yang terus berjalan ke kebun sebelahnya,” tambah Mukminin.

Setelah harimau itu jauh Mukminin kemudian mematikan senter dan langsung melapor ke kepala desa dan mengingatkan tetangga agar jangan berkebun dulu.

Sementara Kades Sri Kembang, Badar saat dikonfirmasi, Kamis (02/01/20) membenarkan informasi tersebut, “Saya mendapat laporan ini dari warganya bernama Ustad Mukminin,” ucapnya.

Setelah menerima laporan tersebut, lankutnya, dirinya langsung melapor ke pihak terkait, “Hal ini juga saya laporkan ke Camat dan langsung menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati kalau kekebun dengan hewan tersebut dan kita jangan usil dengan binatang, tapi kita berharap tidak ada kejadian buruk,” jelasnya.

Camat Muara Kuang, Hendri pun membenarkan jika dirinya telah menerima laporan tersebut dari Ustad Mukminin. “Kita sudah berkoordinasi dengan aparat terkait untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasikan dengan pihak Polsek Ogan Ilir, “Saya menghimbau pada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas sembarangan di luar rumah. Kita juga mengantisipasi jika hewan tersebut masih berkeliaran di sekitar desa,” ucapnya.

Demikian halnya dengan Kapolsek Muara Kuang Ipda Dwi Haryanto saat dikonfirmasi mengaku telah mendapat laporan dari perangkat Desa Sri Kembang, Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir terkait penampakan Harimau di wilayah hukumnya.

Dia menyayangkan tidak ada masyarakat yang mengambil foto maupun video saat kejadian, “Kita saat ini tengah mengumpulkan keterangan dari warga sekitar dan telah berkoordinasi dengan elemen terkait untuk membahas langkah apa yang diambil selanjutnya, sebab ditakutkan jika hewan liar tersebut masih berkeliaran di sekitar desa akan membahayakan warga sekitar,” katanya.

Dia juga menghimbau agar masyarakat waspada dan hati-hati saat beraktivitas di luar, untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

(40)