Sekda, “Pencak Silat Warisan Budaya Dunia, Kita Harus Menjaganya”

Pewarta : Ayi Suherman

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H.Iyos Somantri membuka pentas seni budaya pencak silat,Bazar souvenir dan kuliner tingkat kecamatan Gegerbitung di halaman Kantor Kec.Gegerbitung, Sabtu (28/12/19).

Kegiatan tersebut bertujuan melestarikan seni bela diri Pencak Silat serta memberi ruang kepada pelaku UMKM supaya bisa mengembangkan Potensi, Inovasi dan Kreativitasnya.

“Kami salut dan bangga, ini semua adalah bukti inovasi dan kreativitas yang dibangun oleh warga masyarakat Gegerbitung ungkap sekda dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Iyos menyampaikan bahwa seni bela diri pencak silat harus terus diperhatikan, dikembangkan dan dikenalkan sejak dini terutama bagi anak-anak, karena merupakan warisan budaya bangsa indonesia yang diakui oleh Dunia.

“Kita patutlah berbangga pencak silat itu sudah diakui UNESCO artinya sudah di akui dunia sebagai Budaya tak berwujud tambahnya,” katanya.

Pengembangan seni bela diri Pencak Silat Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi mempertegas bahwa seni bela diri pencak silat haruslah ada didalam muatan lokal Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Melalui SK Bupati kami mempertegas dan menguatkan seni bela diri pencak silat kami harus ada dalam muatan lokal,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Sekda secara simbolis menyerahkan telur asin asap sebagai pencegahan Stunting kepada  orang tua balita dilanjutkan makan telur asin asap bersama – sama.

(10)