Sebelas Orang Diamankan Polisi Terkait Pungli di Area Wisata

Pewarta : Ayi Suherman

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- Satgas Preventif Ops Lilin Lodaya 2019 Sat Sabhara Polres Sukabumi mengamankan 11 orang yang di duga tengah melakukan kegiatan pungutan liar di 3 lokasi berbeda pada Jalur wisata di daerah Kecamatan Simpenan dan Kecamatan Palabuhanratu, Minggu (29/12/19).

Kesebelas orang tersebut diamankan di beberapa jalur wisata masing-masing di Kampung Loji Jalur Sabuk Geopark Desa Loji Kecamatan Simpenan sebanyak 3 orang, Pantai Bufalo Rawa Kalong Cipatuguran Palabuhanratu sebanyak 5 orang dan Pantai Batu Bintang Cipatuguran Palabuhanratu sebanyak 3 orang.

“Modus yang dilakukan para pelaku ini, memungut dan meminta sejumlah uang partisipasi atau retribusi kepada para wisatawan yang akan berwisata di Pantai Geopark dan sekitar pantai Palabuhanratu,” ujar Kapolres Sukabumi, AKBP Nuredy Irwansyah putra melalui Paur Humas Polres, Ipda Aah Saeful Rohman, Senin (30/12/19).

Dijelaskan Ipda Aah informasi adanya kegiatan pungli tersebut berawal dari patroli di Media Sosial dan diperoleh informasi banyaknya keluhan masyarakat terutama para wisatawan yang mengeluh adanya pungli di beberapa tempat tersebut diatas.

Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy Irwansyah Putra Harahap selanjutnya memerintahkan Kasat Sabhara AKP Tenda Sukendar yang juga selaku Kasatgas Preventif Ops Lilin Lodaya 2019 Polres Sukabumi untuk melakukan Patroli dan penertiban di lokasi yang di duga dijadikan tempat Pungli.

“Dan hasilnya anggota Satgas Preventif berhasil mengamankan sebelas orang yang tertangkap tangan sedang melakukan pungli bersama barang bukti berupa uang hasil pungutan liar tersebut.

Kapolres Sukabumi menyatakan bahwa penertiban dan pengamanan terhadap para pelaku dengan dugaan melakukan pungli merupakan bentuk responsif aparat Polres Sukabumi terhadap keluhan masyarakat terkait kegiatan pungutan liar,” jelasnya.

Polres Sukabumi tidak akan mentolelir adanya pungli terutama pada musim banyaknya pengunjung wisata ke wilayah Kabupaten Sukabumi dan kepada pelaku pungli akan dilakukan penindakan, Hal ini dilakukan guna menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatawan datang berlibur di Wilayah Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, Kasat Rekrim Polres Sukabumi, AKP Firman Taufik menambahkan, “Saat ini jajaran kepolisian sedang berkordinasi dengan Satpol PP untuk penanganan lebih lanjut, total dari 3 titik lebih kurang uang sebesar Rp.700 ribu sebagai barang bukti yang berhasil diamankan,” imbuhnya.

AKP Firman menghimbau kepada wisatawan yang akan menikmtai liburan di suatu kawasan jika ada perbuatan di duga pungli, sebaiknya ditanyakan kejelasan permintaan itu untuk apa serta kegiatan tersebut resmi atau tidak.

“Jika ada ancaman atau perbuatan lain yang melanggar hukum segera laporkan ke kantor polisi terdekat untuk segera di tindak lanjuti sebagai dasar kami untuk proses selanjutnya,”pungkasnya.

(17)