Pencairan Siltap Telat, Sanksi Ada di Tubuh BKAD Purwakarta

Pewarta : Dede M Ramlan

Koran SINAR PAGI, Kab.Purwakarta,– Pemerintah Kabupaten Purwakarta baru mencairkan Penghasilan Tetap (Siltap) Perangkat/Aparatur Desa dibeberapa kecamatan. Diantaranya, Siltap itu sudah diterima Desa se-Kecamatan Kiarapedes,Minggu lalu. Sedangkan, desa di wilayah kecamatan lain, seperti di Kecamatan Bojong dan Wanayasa hingga akhir Desember ini belum dialokasikan.

Ketua Apdesi Kecamatan Wanayasa H. Dani HM saat dihubungi Via WhatApps, Jum’at (27/12/19) mengaku tidak tahu sebabnya hingga Honorarium atau Siltap Perangkat/Aparatur Desa pencairannya bisa telat.

“Pokoknya pengajuan proposal atau SPj sudah masuk ke DPMD Purwakarta, coba saja hubungi PAW Ketua Apdesi Purwakarta, Apih Kades Cikeris,” katanya.

Kasi Pemdes DPMD Purwakarta, Saepul Aswan Rodiawan (kiri), Plt.Apdesi Kab.Purwakarta/Kades Cikeeis, Apih (kanan)

Saat dikonfirmasi, Kades Cikeris yang juga selaku Plt Apdesi Kabupaten Purwakarta menyampaikan, bahwa Siltap diperkirakan bakal cair minggu depan. “Mudah-mudahan Hari Senin atau Selasa Siltap bakal cair,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pemdes DPMD Purwakarta, Saepul Aswan Rodiawan menyampaikan, seharusnya Penghasilan Tetap (Siltap) Perangkat/Aparatur Desa di Kabupaten Purwakarta tidak boleh lewat dari Bulan Desember ini.

Jika Pencairan Siltap itu lewat dari Bulan Desember ini, kata dia lagi, sanksi itu bukan ke pihak desa, melainkan langsung ke BKAD Bagian Anggaran, karena Anggaran Transit terlebih dahulu di BKAD. Sementara SPj Siltap semua desa sudah aman dan masuk, ujar Saepul.

“Memang, menurut kabar dari rekan-rekan di DPMD, Senin atau Selasa (red-30-31), pencairan Siltap harus final di Bulan Desember 2019 ini,” pungkasnya.

(107)