Alasan Mengapa Dusun Cipinangpait Ujungjaya Harus Dimekarkan Jadi Desa

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Salah satu dusun di Desa Cibuluh yaitu Dusun Cipinangpait, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, kini sedang proses pengajuan pemekaran menjadi desa.

Sejumlah langkah administrasi sedang dipersiapkan panitia untuk memekarkan dusun tersehut. Juga termasuk langkah audensi ke DPRD Kab. Sumedang yang akan digelar hari ini, Kamis (26/12/19), pukul 10.00 Wib.

Kondisi itu dibenarkan oleh Ketua Pemekaran Toni A Sutarya, saat dikonfirmasi koransinarpagijuara.com melalui WhatsApp,

“Betul memang kami sedang berupaya memekarkan Dusun Cipinangpait menjadi desa”, ujarnya, Kamis (26/12/19).

Dikatakan Toni, adapun salah satu alasan dilakukanya pemekaran itu karena kondisi geografis Dusun Cipinangpait lokasinya sangat jauh dari pusat pemerintahan desa,

“Jaraknya mencapai 4 kilometer dari kantor Desa Cibuluh, dan itu jarak yang sangat jauh bagi warga Dusun Cipinangpait bila akan melakukan kegiatan ke kantor desa tersebut”, tandasnya.

Dengan demikian, tandas dia, warga ingin mandiri dalam melakukan pengelolaan pemerintahan dengan terbentuknya desa baru agar perkembangan warga di Dusun Cipinang pait lebih optimal.

Ditambahkan Toni alasan mengapa harus dimekarkan yaitu, dengan pemekaran desa maka diharapakan percepatan tingkat kesejahteraan warga Cipinangpait yang sebagian besar dari orang terdampak Bendungan Jatigede (OTD) akan lebih terasa,

“Hampir 50% warga Dusun Cipinangpait yang jumlah nya mencapai 1894 jiwa merupakan OTD ( Orang Terkena Dampak) Bedungan Jatigede, dengan demikian perlu perhatian khusus dari Pemkab Sumedang untuk meningkatkan kesejahteraannya”, jelasnya.

Ditandaskan Toni, kami berharap Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, dan juga pihak terkait lainya bisa merealisasikan keinginan warga Dusun Cipinangpait untuk pemekaran tadi.

“Kami warga Dusun Cipinangpait sudah dua kali berupaya memekarkan untuk mejadi desa, dan kini ke tiga kali nya. Kami berharap kali ini Pemkab Sumedang bisa mengerti dan memahami serta mengabulkan keinginan dari warga Dusun Cipinangpait ini”, pungkasnya.

(167)