TBM Assfi Binaan PKBM Bukit Cemara Sukses Selenggarakan Gerakan Literasi Masyarakat

Pewarta : Syam Awing

Koran SINAR PAGI, Kab.Jeneponto,- Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Assfi yang merupakan binaan dari PKBM Bukit Cemara sukses menyelenggarakan kegiatan Gerakan Literasi Masyarakat yang dikemas dalam sebuah kegiatan yang disebut dengan Gerakan Literasi Mencerdaskan Masyarakat (Gerilia Mas), Kamis (19/12/19) lalu, di Kapasa Desa Kassi Kec. Rumbia.

Kegiatan ini dibuka oleh Camat Rumbia dan ditutup oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Jeneponto, yang turut dihadiri oleh para penggiat literasi baik dari Jeneponto maupun dari Kab. Bantaeng.

Dalam sambutannya, Kadis Dikbud Jeneponto, Nur Alam mengatakan, kegiatan seperti ini bisa menjadi corong bagi masyarakat untuk senantiasa sadar akan pentingnya membaca dalam kehidupan sehari-hari.

Kadis Dikbud Jeneponto, Nur Alam

Disamping itu lanjutnya, kegiatan ini bisa menjadi indikator IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Sektor Pendidikan, khususnya Pendidikan Non Formal.

“Semoga kedepan kualitas kegiatannya semakin ditingkatkan dan dikembangkan, sehingha bisa berdampak pada meningkatnya kualitas pendidikan di Kab.Jeneponto khususnya,” harapnya.

Sementata Ketua PKBM Bukit Cemara, Salihuddin, S.Ag mengatakan, Gerilia Mas ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan beberapa agenda acara diantaranya bedah buku dengan narasumber Sri Miratul Andriank, seorang penulis novel “Jangan Salahkan Hijabku”.

Selanjutnya ada Bedah Film “Rembulan Diatas Sungai” dengan menghadirkan narasumber Muh. Syahrir Sarea (Ketua Umum PD Pemuda Muhammadiyah Kab. Jeneponto) dan Hariandi,SE (Ketum PD IPM Kab. Jeneponto).

Selain itu, dilaksanakan juga beberapa lomba, seperti Lomba Membaca yang diperuntukkan untuk peserta didik Program Keaksaraan Dasar (KD) dan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM), kemudian Lomba Membaca Puisi untuk Peserta Didik Paket A, B, dan C, dan Lomba Menulis Puisi untuk peserta didik SMP/sederajat juga SMA/sederajat.

(21)