Cegah Jeratan Rentenir, Bupati Banyumas & OJK Berikan Hadiah Untuk Wartawan

Pewarta: Dwi Arifin

Koran Sinar Pagi (Banyumas)-, Pemerintah daerah Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan OJK dan jurnalis di lingkungan Pemkab Banyumas untuk menangkal renternir. Melalui lomba menulis. Acara yang diikuti peserta wartawan diharapkan dengan karya jurnalistiknya masyarakat tersadarkan bahaya rentenir.

Pada penyerahan hadiah dari lomba tersebut Bupati Banyumas Ir.Achmad Husein mengapresiasi jurnalis yang menulis tentang program pemerintah daerah untuk pencegahan bahaya rentenir dan solusi ekonomi bagi masyarakat. Dan tulisan wartawan yang menceritakan tentang pengalaman buruk seorang pedagang yang terjerat rentenir.

Ahmad Husein menilai reternir itu seperti tikus. Dibasmi, ditutupi dan dicegah selalu mencari celah. Maka mari kita lawan bersama. Pemerintah juga sedang berupaya melawan dengan jalur hukum. Jadi kalau ada bungga yang lebih dari 5% atau melanggar aturan bank indonesia hal itu dijadikan  pidana. Ini sedang didiskusikan bersama.

Dari banyaknya laporan masyarakat ke kantor OJK. Saat ini OJK sudah menutup pinjaman online yang merugikan masyarakat dan lembaga keuangan  yang melanggar aturan.

Saat interaktif dengan persatuan wartawan indonesia yang bertugas di wilayah Banyumas pada acara pembagian hadiah tersebut. Bupati mensosialisasikan program yang telah berjalan hingga yang akan di jalankan. “Pertumbuhan ekonomi di Banyumas mencapai 6,3 %. Lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi di tingkat provinsi atau nasional. Kedepannya untuk mewujudkan iklim investasi yang kondusif akan dibentuk peraturan daerah bagi pengusaha bermodal 3 Milyar gratis dan dibantu proses perijinannya. Untuk jenis usaha padat karya yang menjadi penyerap setiap angkatan kerja atau usaha wisata”

(27)