Ratusan Warga Betung 1 Minta Tanah Yang Dirampas Pihak PTPN 7 Diganti Rugi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Ratusan warga Desa Betung Satu yang tergabung dalam Serikat Petani Pembaharuan Ogan Ilir bersama Rombongan Mahasiswa Unsri mengelar aksi di Rayon 5 Perkebunan PTPN 7 Cinta Manis, tepatnya di Desa Betung Satu, Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir, Jumat (20/12/19).

Hal ini dilakukan supaya pihak PTPN 7 Cinta Manis mengembalikan atau mengganti rugi lahan warga swluas 177 Ha yang dirampas pihak PTPN 7.

Menurut Aswin, Ketua Serikat Petani Pembaharuan Ogan Ilir, mereka melakukan aksi tersebut dilokasi tanah yang dirampas pihak PTPN 7, “Kami berharap supaya pihak PTPN 7 mengembalikan tanah warga yang dirampas,” ujarnya.

Aswin menghimbau kepada peserta aksi untuk tidak melakukan tindakan yang anarkis dan melangar aturan yang ada, “Dalam tiga hari kedepan kalau tidak ada respon dari Manajemen PTPN 7, kami akan menduduki tanah yang dikuasai oleh PTPN 7 Cinta Manis,” tegasnya.

Sementara menurut Muadz, Presiden Mahasiswa Unsri, sengketa lahan rakyat ini sudah berlangsung lama, tetapi hingga kini tidak ada penyelesaian dari pihak yang terkait, namun karena sudah ada SK dari Gubernur Sumsel untuk mengembalikan tanah rakyat yang dikuasai oleh perusahaan PTPN kepada warga untuk dikelola secara swakelola, terangnya.

Ia mengungkapkan selaku Mahasiswa Unsri yang tergabung dalam organisasi Gertak, akan terus memperjuangkan hak tanah warga Desa Betung Satu yang dirampas pihak PTPN 7 tersebut.

“Kami akan terus membantu masyarakat untuk memperjuangkan agar hak atas tanah mereka direalisasikan oleh PTPN 7 Cinta Manis,” tukasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90