Job Fair Milenia Festival, Ngelamar Kerja Cukup Pake HP

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Kota Bandung)-, Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Job Fair dalam rangka mempermudah para pencari kerja. Acara Job Fair Melinea Festival menghadirkan berbagai perusahaan yang menawarkan ribuan lowongan kerja.

Sekertaris Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Agus E. Hanafiah S.Sos M.Ap, menjelaskan “Kegiatan hari ini adalah kegiatan Job Fair dengan tema Milenia Festival 2019. Dulu itu pelamar bawa berkas untuk melamarnya. Sekarang cukup bawa HP lalu foto barkodenya, sudah masuk pelamaran kerja” jelasnya kepada wartawan setelah penutupan acara di kantor Disnakertrans Jabar (12/12/2019).

Selanjutnya Agus menyampaikan, kurang lebih ada 9000 pelamar yang daftar melalui online dan 3900an yang hadir ke Job Fair ini. Setelah pelamar masuk akan ada transparansi proses hingga pengumuman diterima atau tidaknya. Dan nanti saya tugaskan untuk monitoring kepada pejabat fungsional ke perusahaan yang jadi panitia peserta Job Fair ini.

Agus menyarankan agar para pencari kerja tetap semangat dan menambah kompetensi diri dalam bersaing dengan para pencari kerja lain. Saat tidak diterima oleh perusahaan itu hanya keberhasilan yang tertunda.

Disisi lain, AFP Ceo Aplikasi Join Kandidat Pencari Kerja di Play Store, mengungkapkan bahwa pencari kerja saat ini dipermudah dengan aplikasi. Jadi sudah jamannya melamar itu melalui aplikasi. Nanti perusahaan yang melamar pekerja bukan calon pekerja yang melamar ke perushaan. Intinya pengaguran itu terkendala informasi lowongan kerja, aplikasi ini jadi solusinya. Lokasi perusahaan akan menyesuaikan dengan domisili pencari kerja. Hasilnya kita dapat mengetahui lowongan kerja disekitar kita dengan mudah.

Dengan aplikasi ini kebutuhan perusahaan dan pencari kerja dihubungkan. Selain mengurusi pencari kerja aplikasi juga mengurusi hinga hak pekerja mulai dari Jamsostek, BPJS Ketenga Kerjaan & Kesehataan. Ada ribuan perusahaan yang jadi anggotanya dan ribuan pencari kerja yang gunakan aplikasi ini.

(56)