Di Kab.Purwakarta, Dana Desa Tahap 3 Sudah Bisa Dicairkan

Pewarta : D M Ramlan

Koran SINAR PAGI, Purwakarta,- Dana Desa (DD) tahap ke 3 (tiga) di Kab.Purwakarta yang dialokasikan untuk membangun fisik infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat desa, sudah dicairkan.

“Dana Desa tahap 3 sebesar Rp.310 juta yang diterima Pemdes Raharja, Kecamatan Wanayasa, dialokasikan untuk penerapan Paving Blok Akses Jalan Usaha Tani, dengan ukuran Lebar 1 meter dan Panjang 300 meter berlokasi di Wilayah Lingkungan RT 01/01 Desa Raharja. Pembelian Perangkat Alat Musik dan Program Stunting bagi ibu hamil,” ungkap Penjabat Kades Raharja M.Hasan.

Untuk pelaksanaan Program Pencegahan Stunting secara teknis, lanjut Hasan, pihaknya berkoordinasi langsung dengan Bidan Desa dan Kader Posyandu.

“Semoga, Program Stunting ini bisa direalisasikan dengan efektif, terutama dalam rangka mencegah kronis gizi buruk bagi bayi dalam kandungan, dimana nantinya para ibu hamil akan diberikan asupan gizi yang baik dan layak. Sehingga, bayi lahir nantinya dalam kondisi kesehatannya baik dan sehat,” tambahnya.

Dikatakan, untuk tahun 2020 nanti, dirinya berharap Dana Desa tidak hanya diperuntukan bagi program Fisik Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Desa saja yang diperhatikan, melainkan, bisa juga dialokasikan untuk Dana Penunjang Operasional Pemdes.

“Seperti Program PNPM dulu, dana operasional untuk TPK itu kan ada, sehingga, Pemdes dalam melakukan kinerja termotivasi lebih giat dan semangat lagi,” pungkas M.Hasan.

(72)