Proyek Peningkatan Jalan IKK Teluk Bayur Diduga Tak Sesuai Spech

Pewarta ; Niko

Koran SINAR PAGI, BERAU,- Proyek peningkatan jalan IKK Teluk Bayur dengan anggaran APBD Kabupaten Berau bernilai Rp 2.283.717.030.13 diduga tidak sesuai dengan spek RAB dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Dari hasil pantauan di lapangan, proyek yang ditargetkan selesai selama 150 hari ini bahwa pada pengaspalan yang dilakukan pihak kontraktor diduga lebih banyak batu dan ketebalan aspal pun tak sesuai spek atau RAB. Kondisi ini diduga akan cepat rusak melihat kondisi badan jalan tersebut yang dilakukan tak sesuai spesifikasi.

Beberapa waktu lalu pihak media telah mengkonfirmasi kepada pihak PPK, Agus Efendi, pihaknya menyatakan jika proyek tersebut belum PHO atau serah terima kepada pemerintah dan masih melanjutkan pekerjaan.

“Proyek itu masih berjalan, belum di PHO jadi kita tunggu penyelesaian dan akan kita cek ke lokasi,” ungkapnya.

Dari hasil pengecekan kelapangan, proyek tersebut tak terlihat adanya pemberitahuan bahwa ada pendampingan dari pihak TP4D. Namun dari informasi PPK bahwa sebenarnya proyek tersebut telah didampingi TP4D.

“Proyek itu ada didampingi dari TP4D,” jelasnya.

Terkait ukuran pengerjaan badan jalan tersebut. Pihak PPK mengaku jika ketebalan semenisasi tersebut sekitar 6 centimeter, sedangkan panjang dan lebarnya pihak PPK perlu melakukan pengecekan berkas.

“Kalau panjang dan lebarnya saya lupa, tapi kalau ketebalan itu sekitar 6 centimeter,” pungkasnya.

Kejaksaan juga diharapkan melakukan pendampingan sesuai implementasi Inpres No 1 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional ini mengawal dan mengamankan proyek pembangunan hingga pelosok nusantara.

(51)