Kodim 0611 Selenggarakan Bintek Terpadu Perintisan Usaha Pembuatan Sabun Ramah Lingkungan

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Dandim 0611 Garut, Letkol Inf.Erwin Agung Teguh Wilyono mengatakan penyelenggaraan pelatihan perintisan usaha pembuatan Sabun ramah lingkungan dalam rangka Bintek terpadu tahun 2019 yang diselenggarakan di SMAN 3 Garut dapat mmemberikan andil dalam mengembangkan sumber daya manusia khususnya di Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut.

Menurutnya ini sangat berguna untuk menuju masyarakat yang sejahtera mandiri, unggul dan istiqomah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berakhlak mulia, kreatif, inovatif, terampil dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbagai pembangunan suatu negara.

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi agar menjadi stabil, oleh karena itu target utama menjadi landasan munculnya program-program yang dinamakan pembinaan teritorial terpadu, ucapnya.

Hal ini kata Erwin, dilaksanakan oleh Kodim 0611 dalam rangka membantu pemerintah daerah Kabupaten Garut khususnya Kecamatan Cibatu untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran, tandas Dandim, Sabtu (16/11/19).

Menurutnya, kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidakmampuan atau kekurangan kompetensi dan keterampilan untuk bersaing di dunia kerja.

Strategi menjadi wirausahawan lanjutnya, diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi berkembangnya angka kemiskinan dan pengangguran pada era globalisasi serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang pesat.

Masih menurut Erwin, salah satu langkah penanggulangan pengangguaran adalah melalui pelatihan kewirausahaan, “Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai upaya untuk memaksimalkan berkembangnya kewirausahaan masyarakat di wilayah ini, kita patut berbangga dari tahun ke tahun tingkat pengangguran di daerah khususnya Kabupaten Garut ini mengalami penurunan,” ucapnya.

Terkait sabun ramah lingkungan yang di Bintek an, walaupun semua bahannya adalah alami, namun kata dia, kualitasnya tidak kalah dengan sabun pabrikan yang ada di pasaran, pungkasnya.

Selain dihadiri Dandim 0611 Garut, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kasdim, kabid UKM Garut, para kepala SMA dan SMK, kades se Cibatu dan ratusan warga Cibatu yang menjadi peserta pelatihan.

(16)