Pengukuhan Kader Cilik Super Hero Ankuma di SDN 7 Lubai Ulu

Pewarta : Iwan Brata Darma

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 November 2019, Puskesmas Sumber Mulia mengadakan Pengukuhan Kader Cilik Super Hero Ankuma di SDN 7 Lubai Ulu oleh Ka.UPTD Puskesmas Sumber Mulia bekerja sama dg pihak SDN 7 Lubai Ulu.

Inovasi Kader Cilik CTPS “Super Hero Ankuma” (Anti Kuman) adalah sebuah inovasi untuk meningkat gaya hidup bersih dan sehat pada anak usia dini yang dimulai dari cuci tangan pakai sabun pada air mengalir.

Dengan adanya kader cilik ini diharapakan dapat menambah semangat para siswa-siswi karena kegiatan ini menjadikan kader cilik itu sendiri sebagai motivator kegiatan dan Tim Puskesmas dan Guru hanya menjadi pembimbing dan pengarah kegiatan.

Kader cilik juga akan ikut terlibat dalam banyak kegiatan kesehatan karena secara tidak langsung mereka adalah penyuluh cilik yang dibekali ilmu kesehatan yang tidak hanya bisa merangkul kawan di sekolah tapi juga masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka terutama keluarganya.

Inovasi ini juga muncul karena kurangnya kesadaran akan manfaat dari cuci tangan itu sendiri padahal setiap tahun selalu dikampanyekan cuci tangan pakai sabun dan dberikan penyuluhan kesehatan tentang PHBS baik di sekolah maupun di masyarakat, dan dengan adanya inovasi ini bisa menurunkan angka kesakitan di sekolah karena diare dan ISPA.

Inovasi ini digagas oleh seorang Tenaga Kesehata Sukarela (TKS) yg bekerja di Puskesmas Sumber Mulia yang bernama Bidan Sismaya Fitriko.

(50)