Kolaborasi Penyuluh Kehutanan Dengan PKK Kabupaten Sukabumi

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Sugama

Penyuluh Kehutanan CDK Wilayah III Sukabumi

Peran pembangunan kehutanan mengalami pergeseran orientasi, arah, dan kebijakan dari pengelolaan hutan yang berorientasi pada kayu menjadi pengelolaan potensi sumberdaya hutannon kayu dengan berbasis pada pemberdayaan masyarakat yang dapat memberikan manfaat sebesar – besarnya bagi masyarakat tersebut.

Untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat ini Penyuluh Kehutanan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah III Sukabumi yang bekerja sama dengan PKK Tingkat Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Acara Bimbingan Teknis (Bintek) Budidaya Jamur Tiram (Jamur Kayu), Selasa (08/10/19) lalu, di Gedung Pertemuan Pendopo Kabupaten Sukabumi, diikuti oleh 98 orang Kader PKK dan Pemuda Karang Taruna wakil dari beberapa desa yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Dalam sambutannya Ketua PKK Kabupaten Sukabumi, Hj.Yani Jatnika, menuturkan, “Acara Bintek Budidaya Jamur Tiram ini adalah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi ibu-ibu dan para remaja yang mempunyai waktu luang di rumah, sehinga diharapkan dapat meningkatkan gizi bagi masyarakat dan menambah penghasilannya,” ucapnya.

Sementara Koordinator Penyuluh Kehutanan CDK III, Iman Rusmandar, memaparkan, Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan peran sertanya merupakan unsur utama penentu keberhasilan pembangunan kehutanan.

“Penyuluhan kehutanan merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam peningkatan peran serta masyarakat terutama untuk menjawab berbagai permasalahan dalam pembangunan kehutanan,” katanya.

Lebih lanjut Iman mengatakan, “Melalui pendekatan partisipatif yang berbasis pemberdayaan masyarakat, alih keterampilan, pendampingan dan penguatan kelembagaan masyarakat serta peningkatan akses terhadap sumber modal dan pasar, maka diharapkan dapat menjadikan munculnya mata pencaharian baru bagi masyarakat,” tambahnya.

Jamur Tiram dipilih, karena selain mudah dan murah untuk diusahakan, “Usaha Jamur Tiram juga merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di Sukabumi, dalam beberapa tahun terakhir ini jamur sudah mulai di kenal oleh masyarakat sebagai gaya untuk hidup sehat, selain itu juga memunculkan barbagai macam varian kuliner jamur yang di minati masyarakat,” tandasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90