Rapat Koordinasi Pembangunan Kehutanan Di Sukabumi

Oleh : Sugama

Penyuluh Kehutanan CDK Wilayah III Sukabumi, Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Barat.

Koran SINAR PAGI, Sukabumi,- Dalam rangka Sinkronisasi Pembangunan Kehutanan di Kab/kota Sukabumi, Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah III Sukabumi, Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Barat, mengadakan Rapat Koordinasi Pembangunan Kehutanan, yang diselenggarakan, Kamis (17/10/19) di Ruang Pertemuan Hotel Sparks Odeon Jl. Pajagalan, No. 55 Nyomplong, Kota Sukabumi.

Hadir sebagai tamu undangan dalam Rapat Koordinasi tersebut, seluruh pengelola Kawasan Hutan di Wilayah Sukabumi, seperti Perum Perhutani, Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP), Taman Nasional Halimun Salak (TNHS), Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA), dan PTPN VIII Perkebunan Goalpara.

Selain itu hadir juga unsur pemerintahan seperti BAPPEDA, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tata Ruang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi dan PDAM.

Dalam pemaparannya Kepala CDK Wilayah III Sukabumi, Ir. Mohammad Iskandar, menjelaskan tentang Kebijakan dan Program Pembangunan Kehutanan dalam Visi dan Misi CDK Wilayah III Sukabumi.

“Visi dan Misi CDK Wilayah III Sukabumi adalah, mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang yang berkelanjutan melalui peningkatan konektivitas wilayah dan penataan daerah, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi umat yang sejahtera dan adil melalui pemanfaatan teknologi digital dan kolaborasi dengan pusat-pusat inovasi serta pelaku pembangunan,” paparnya.

Menurutnya, Visi dan Missi tersebut disusun dengan tujuan untuk, meningkatkan fungsi hutan dan Daerah Aliran Sungai (DAS) serta meningkatkan pemanfaatan potensi hasil hutan dan meningkatkan Kapasitas Kelompok Tani.

Adapun Sasaran yang ingin dicapai adalah; Meningkatnya persentase tutupan hutan,
– Meningkatkan perlindungan hutan dan keanekaragaman hayati,
– Meningkatkan produksi hasil hutan,
– Meningkatkan pemanfaatan jasa lingkungan, meningkatkanya kapasitas penyuluh kehutanan, dan,
– Meningkatkan kapabilitas kelompok tani hutan.

Dalam pelaksanaan Visi dan Misi CDK Wilayah III tersebut lanjutnya, diruangkan pada Kegiatan Pembangunan Kehutanan, berupa Pembangunan Hutan Rakyat (HR), Agroforestry (kolaborasi antara Kehutanan dan Pertanian), Unit Managemen Hutan Rakyat (UMHR), Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), Rehabilitasi Hutan Pantai dan Pembangunan Kebun Bibit Rakyat (KBR).

Selain itu juga dilaksanakan Penguatan Ekonomi Produktif dalam Kegiatan Pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), seperti budidaya Jamur Tiram (Jamur Kayu), Budidaya Ulat Sutra, dan Budidaya Lebah Madu Trigona, tambahnya.

(106)