Ditenggarai Finance ACC Tasikmalaya Menolak Pelunasan Konsumen Yang Tinggal Satu Bulan Lagi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Ditenggarai Finannce ACC Tasikmalaya menolak pelunasan cicilan kreditan mobil Truk salah seorang konsumen yang tinggal satu bulan lagi.

Keterangan itu terungkap dari penjelasan Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Chakrabuana, Fitrah Pangestu seusai sidang sengketa konsumen di Kantor Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), Senin (14/10/19).

Dikatakan dia, “Perbuatan penolakan pelunasan oleh ACC Tasikmalaya bertentangan dengan hukum karena konsumen dalam kewajiban cicilannya tergolong baik”, ujar Fitrah Pengestu kepada koransinarpagijuara.com melalui WhatsApp, Senin malam, (14/10/19).

Pangestu menambahkan, adapun alasan penolakan pihak ACC, menurutnya ada kaintanya konsumen tersebut yang berawal melakukan kreditan dua unit kendaraan truk. Namun dalam perjalanan yang satu unit di over kan ke orang lain,

“(Dan) berikutnya, si penerima (over an) unit truk itu menunggak cicilan. Nah karena dianggap bermasalah maka pihak ACC menolak pelunasan cicilan terkhir dari unit yang kini dia (konsumen tersebut) pegang”, tandas Fitrah.

Ditegaskan Pangestu, tidakan menahan pelunasan konsumen untuk masalah itu tidak sesuai prosedur karena tidak ter cantum dari kesepakatan awal.

“Ini merupakan tindakan sewenang – wenang pihak ACC yang tidak bisa dibenarkan oleh hukum, dengan demikian pihak ACC telah berbuat melawan hukum”, tegas Pangestu.

Dengan kejadian itu akhirnya pihak nya melakukan gugatan atas nama konsumen tersebut ke BPSK Tasikmalaya.

Pangestu menandaskan, harus nya pihak ACC bisa memilah kasus – perkasus agar obyektif memperlakukan kejadian tersebut.

“Kalau pun memang pihak ACC mempermasalahkan pemindahan unit tersebut, silahkan pidana kan, kan jelas ada jalur nya, dan nantipun kita akan buka aturan Fidusianya. Jangan dengan cara menahan pelunasan unit yang tinggal satu kali pelunasan lagi”, pungkas nya.

Hingga berita ini dimuat belum diperoleh keterangan dari pihak ACC Tasikmalaya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90