Ribuan Balon Kades di Kabupaten Sukabumi Ikuti Tahap Uji Kompetensi

Pewarta : Ajid Alfaro

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- Ribuan bakal calon kepala desa yang akan mengikuti Pilkades Serentak, Desember 2019 mendatang, mulai mengikuti tahapan test Uji Kompetensi yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab.Sukabumi.

Kepala Bidang Adminitrasi Pemerintahan Desa, DPMD Kabupaten Sukabumi, Dedi Kusnadi mengungkapkan, uji kompetensi tertulis diselenggarakan di 4 (empat) lokasi, yakni Stisip Widiyapuri Mandiri Sukabumi Cisaat, MAN Palabuhanratu, UMMI dan Man Sagaranten.

“Hari ini tahapan pilkades sedang mengikuti uji kompetensi, dengan jumlah pesertanya 1.229 orang terbagi di 4 lokasi,” ujarnya, Minggu (13/10/19).

Disebutkan, dilokasi pertama Kampus Stisip Widiyapuri Cisaat ada 303 orang peserta, di Kampus UMMI, sebanyak 244 orang, di MAN Palabuhanratu 468 orang dan di Man Sagaranten, 214 orang peserta, jelasnya.

Masih kata Dedi, setelahnya, pada tanggal 15-16-17 akan dilaksanakan interview kepada para calkades di STISIP Sukabumi yang dibagibdalam tiga kelompok selam tiga hari, hari pertama 405 orang, hari kedua 415, dan di hari ketiga 409 orang.

“Hasilnya akan diumumkan pada tanggal 21 Okteber 2019 melalui panitia tingkat desa, perlu diketahui, ujikom ini dilaksanakan dalam dua tahap yakni, tertulis dan interview dan hari ini hanya ujikom tertulis,” terangnya.

Dikatakan, Ujikom baik tertulis maupun interview sifatnya masih rahasia, “Saya juga belum tahu, yang pasti calon kepala desa ini harus punya cita – cita 6 tahun kedepan, punya visi misi, sosok calon pemimpin itu harus kelihatan, yang pasti calon pemimpin harus visioner,” pungkasnya.

(39)