Tiga Calkades Petahana Di Jeneponto, Tidak Lulus Test

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Awing

Koran SINAR PAGI, Jeneponto,- 33 desa di Kabupaten Jeneponto akan ikut melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak, 4 November 2019 mendatang, beberapa calon kepala desa yang akan ikut kontestasi adalah calon incumben, namun ada 3 (tiga) desa yang Calkades Incumbennya tidak lolos seleksi, karena berbagai alasan.

Hal ini memicu timbulnya reaksi dari sejumlah pendukung Calkades Incumben yang bersangkutan, hingga melakukan aksi unjuk rasa, mempertanyakan penyebab calon jagoannya tidak lolos seleksi, padahal dia adalah seorang petahana.

Salah satu calkades Kalimporo, Salassa menyampaikan kepada wartawan Koran SINAR PAGI, dirinya dua kali terpilih jadi kepala desa di Desa Kalimporo, Kec.Bangkala, lalu kenapa kali ini dia tidak lolos test ?.

Nasib serupa dialami Muh Yusuf, Calon Kades Sama Tarin, Kec.Kelara, sehingga dirinya mempertanyakan penyebabnya.

Kabid Pemdes Sahrul Kalepu, saat ditemui diruangannya mengungkapkan 3 hal yang menjadi penyebab tidak lolosnya para Calkades Petahana adalah pada saat menjalani test wawancara, test tertulis dan test pidato.

Kabid Pemdes, Kab.Jeneponto, Sahrul Kalepu

“Kalau orang baru tidak lulus karena kurang tahu tentang Undang – Undang Desa wajar saja, mungkin belum mempelajarinya, tapi kalau sudah pernah menjabat sebagai kepala desa, rasanya keterlaluan,” ujar Sahrul.

Selanjutnya, kata Sahrul, cara berpidatonya pun sangat memalukan, kemudian ada test terulisnya yang tidak nyambung.

Mengenai Calon Kades Sama Tarin, Muh Yusuf, lanjutnya, Itu karena KTP nya harus asli bukan keterangan.

“Dan mereka punya hasil test itu rangkin 6 (enam), sedangkan yang berhak lolos adalah rankin lima,” ujar Sahrul Kalepu lagi.

Ditegaskan, pihaknnya selalu mengutamakan selektif dan objetifitas, “Kami netral menjalankan tugas, supaya pemimpin desa kedepan tambah matang lagi mempersiapkan diri saat akan mencalonkan diri sebagai kepala desa,” tandasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90