12 Delegasi Kementerian Segera Tinjau Kaltara

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Abd Haris

Koran SINAR PAGI, Kaltara,-
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie saat menjelaskan rencana pembangunan KBM Tanjung Selor kepada Menteri BUMN Rini Soemarno. “Kota Baru Mandiri Tanjung Selor dibangun dengan konsep kota modern,”katanya

Sebanyak 12 delegasi kementerian anggota percepatan pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor segera meninjau Kalimantan Utara.

“Salah satu hasil Rapat Evaluasi Rencana Aksi Inpres Nomor 9 Tahun 2018 tentang Percepatan pembangunan KBM Tanjung Selor adalah rencana kunjungan lapangan oleh semua anggota dari delegasi kementerian dan lembaga,” kata Gubernur Kaltara Irianto Lambrie di Tanjung Selor, Jumat.

Mereka akan meninjau lokasi KBM yang sebagian sudah dibebaskan dan dilakukan land clearing (pembersihan lahan).
Sesuai jadwal dan surat dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian, kunjungan lapangan akan dilaksanakan pada 25 Juni 2019.

Delegasi itu selain dari Kemenko Perekonomian, juga dari Kemendagri, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian PPN/Bappenas, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Pemprov Kaltara, ujar dia, sejak 2017 sudah mengalokasikan anggaran untuk penyediaan lahan.

Tercatat hingga 2018 sudah ada 493 hektare yang telah dibebaskan dari kebutuhan 700 hektare untuk pusat pemerintahan.

“Kota Baru Mandiri Tanjung Selor kita bangun dengan konsep kota modern,” katanya.

Kota itu nantinya terintegrasi dengan salah satu proyek strategis nasional yang ada di Kaltara, yaitu Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi, juga dengan PLTA (pembangkit listrik tenaga air) Sungai Kayan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90