Bupati Garut Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Pewarta : Agus Lukman/Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Bupati Garut H Rudy Gunawan memimpin langsung pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2019, dan bertindak selaku Inspektur Upacara, pada Selasa (01/10/19). Dalam kesempatan tersebut, Bupati Garut membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila Sakti.

Upacara yang berlangsung di Lapang Setda tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, Sekretaris Daerah Ir Deni Suherlan M Si serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan sejumlah pejabat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.

Bupati Garut dalam amanatnya menyampaikan salah satu fenomena dalam era globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil yakni radikalisme, faham ini karakternya adalah selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain.

“Hal ini sangat bertentangan dengan Pancasila yang sangat menghormati dan menghargai kebhinekaan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai-faham radikalisme dan sejenisnya,” papar Bupati Garut, Selasa (01/10/19).

Lanjutnya, masyarakat Garut harus turut serta membangun bangsa yang berperadaban unggul, yakni bangsa yang mampu menunjukan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, Pancasila menjadi sistem nilai yang hidup. Untuk itu, imbuh Bupati, semua elemen harus menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila kepada semua generasi bangsa.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 ini mengambil tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”. Artinya peringatan tersebut mengingatkan bahwasannya Pancasila bukan hanya sebatas ideologi, karena sesungguhnya Pancasila merupakan sebuah rumusan yang utuh tentang jatidiri bangsa Indonesia yang memiliki ciri khas yaitu, religius, musyawarah, kebersamaan dan gotong royong dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan Bangsa,” pungkas Bupati Garut.

Berikut Ikrar Pancasila Sakti yang dibacakan Bupati Garut :

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini, menyadari dengan sepenuhnya, bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1945, kenyataannya telah terjadi banyak rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut, dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia, terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila, sebagai ideologi negara.

Bahwa dengan semangat kebersamaan, yang dilandasi oleh nilai-nilai Luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia akan tetap memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan, demi Keutuhan Negara Republik Indonesia.

(2)