Pemdes Sukamerang Bagikan Air Bersih Untuk Warganya

Pewarta : Agus Lukman

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Kekeringan yang dialami sebagian besar warga Kab.Garut akibat kemarau yang sudah berlangsung hampir lima bulan terakhir menyebabkan warga kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari – hari, baik untuk konsumsi maupun MCK (mandi, cuci, kakus).

Hal itu terjadi juga di wilayah Desa Sukamerang, Kecamatan Kersamanah, dimana di Kampung Sukamerang RW 08 Desa Sukamerang terjadi krisis air bersih sejak musim kemarau melanda.

Kades Bunyamin (tengah), beserta perangkat Desa Sukamerang

“Karena tidak ada air bersih, terpaksa masyarakat mencuci di Sungai Cigedug yang jaraknya lumayan jauh, kurang lebih 500 meter dari kampung kami,” ujarnya.

“Alhamdulillah hari ini ada bantuan air bersih dari Pemerintahan Desa Sukamerang, palinh tidak kebutuhan air bersih untuk beberapa hari kedepan tercukupi,” tutur salah satu warga.

Ia berharap, Pemkab.Garut memberikan bantuan pengadaan air bersih bagi warga, baik untuk jangka panjang maupun insidentil seperti ini.

Melihat kondisi ini, Pemerintah Desa tak tinggal diam, berbagai upaya pengadaan air bersih untuk warga dilakukan, salah satunya dengan memberikan bantuan air bersih, Minggu (29/09/19).

Kades Sukamerang, Bunyamin mengatakan, untuk menyuplai air bersih keada warga ini, pihaknya bekerja sama dengan karang taruna, “Tidak semua wilayah mengalami kekurangan air bersih, masih ada warga dibeberapa wilayah yang sumurnya masih memiliki air,” pungkasnya.

(6)