Dinkes Tulungagung Sediakan Fasilitas Cek Dahak Gratis Untuk Deteksi TBC

Pewarta : Ok

Koran SINARPAGI, Kab. Tulungagung,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung telah menyediakan fasilitas cek dahak gratis. Fasilitas ini ditujukan untuk warga yang mengalami gejala TBC (Tuberculosis), seperti batuk tidak sembuh-sembuh dan berdahak.

Menurut Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Tulungagung, Didik Eka, kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dahak masih rendah. Padahal seharusnya, jika mengalami gejalan TBC, warga punya inisiatif untuk segera memeriksakan dahaknya.

“Selama ini temuan pasien TBC mayoritas berasal dari temuan fasilitas kesehatan, misalnya datang ke Puskesmas, tenaga medis melihat ada gejala TBC. Kemudian dilakukan cek dahak,” ungkap Didik.

Dinkes Tulungagung mempunyai dua mesin Tes Cepat Molekular (TCM), yang dipakai tes dahak.

Alat ini diklaim lebih sensitif dibanding mikroskop. Satu mesin ada di Puskesmas Ngunut dan satu mesin di RSUD dr Iskak. “Untuk cek dahak, tidak harus datang ke dua tempat itu. Semua Puskesmas di Tulungagung melayani tes dahak,” ujar Didik.

Didik juga menegaskan , tes dahak ini gratis untuk semua warga Tulungagung, pemegang kartu BPJS Kesehatan maupun yang bukan peserta BPJS Kesehatan. Jika ada yang merasakan gejala TBC bisa langsung datang ke Puskesmas mana saja dan nantinya pasien akan diberikan sebuah wadah untuk mengambil sampel dahak.

Dari Puskesmas sampel akan dikirim ke Puskesmas Ngunut untuk yang di timur, atau ke RSUD dr Iskak yang di barat. “Biasanya besoknya sudah keluar hasilnya, apakah mengandung kuman TBC atau tidak,” tutur Didik. Pada rentang Januari-Juli 2019, Dinkes menemukan 666 pasien TBC baru. Sedangkan hingga September 2019, ada sekitar 700 pasien baru. Masih menurut Didik, dalam satu tahun temuan pasien TBC baru mencapai 1200 orang. Tingginya angka temuan ini sebanding lurus dengan angka prevalensi TBC di Tulungagung, yaitu 218 pasien dari 100.000 penduduk. Jika saat ini jumlah penduduk Kabupaten Tulungagung 1.100.000 jiwa, maka diduga ada 2.398 pasien TBC.

(4)