Bersih Desa Pendem, Diwarnai Pembagian Sertifakat Tanah Dengan (PTSL)

Foto:Kepala Desa Pendem Tri.W.Effendi Menerima Gunungan dari Sekdes Untuk deserahkan Pada Dalang Ki.Noer Hadi.

Pewarta : HI

KORAN SINAR PAGI, Kota Batu,- Desa Pendem melaksanakan syukuran bersih desa, dengan gelaran Wayang Kulit dengan lakon “Wahyu Purbo Sejati” bersama dalang Ki Noer Hadi dari Kabupaten Malang Jatim. Bersih Desa Pendem itu dihadiri Camat Junrejo Arif Rachman, Danpusdik Arhanud, Kapolsek Junrejo AKP.Supriyanto.SH, Komandan Pos Koramil 0818/34 Peltu Joko Ismanu, yang sidampingi Kepala Desa Pendem Tri Wahyuwono Effendi, Sabtu(28/9/19) malam.

Menurut Kepala desa Pendem Tri.W. Effendi, memaparkan, di laksanakan bersih desa itu, digelarnya wayang kulit tersebut, adalah untuk mejalankan tradisi maupun budaya uri-uri sejak dahulu sebelum saya menjadi kepala desa,”ucapnya, karena sudah rutin dilakukan pertunjukan wayang kulit yang harus dilaksanakan. Karena pertunjukan wayang kulit itu, harus tetap dipertahankan sebagai budaya warisan leluhur pada era saat ini cukup berkurang dari budaya maupun hiburan lainya,”jelas Kades Pendem ketika dikonfirmasi KORAN SINAR PAGI

Disinggung kembali oleh Tri.W.Effendi, wayang kulit mengambil judul Wahyu Purbo Sejati, mengandung makna yang cukup berarti, ibarat pemimpin yang hampir kehilangan jati dirinya, tetapi dengan kebersamaan dan keyakinan masyarakat dan kepercayaan masyarakat desa Pendem, akhirnya sosok pemimpin yang diharapkan bisa terwujud kembali untuk bisa memimpin kembali,”tuturnya.

Malam acara bersih desa itu, juga diwarnai penyerahan surat sertifakat tanah secara simbolis sebanyak 20 orang dari panitia Pendaftaran Tanah Sistim matis Lengkap ( PTSL) untuk desa Pendem yang mendapatkan jatah kuota 2460 bidang tanah tahun 2019. Dan juga dilakukan penyerahan ijasah paket A,B,C sejumlah 40 Ijasah bagi masyarakat yang variatif permasalahanya, seperti waktu sekolah SD, sampai ke jenjang SMA atau sederajad, ada yang putus sekolah,akibat orang tuanya dulu tidak mampu, maupun masalah lainya.

Sedangkan dari 41 orang yang dilanjutkan untuk menempuh pendidikan paket A,B,C disuport anggaran dari pemerintah desa Pendem, bersumber dari APBDes 2019 sekira Rp. 23 juta rupiah. Guna untuk meningkatkan sumberdaya manusia masyarakat desa Pendem agar bisa lebih maju lagi,”tambah Kades Pendem.

Di tempat yang sama, Camat Junrejo Arif Rachman menyampaikan, atas dilakukanya bersih desa Pendem ini, bisa menjadi magnet budaya yang kuat bagi generasi sekarang untuk bisa mempertahankan budaya bangsa Indoneaia yang diakui dunia Internasional. Agar generasi penerus tidak akan mudah terpengaruh dengan budaya barat yang bisa merusak masa depan anak bangsa,”imbuh Arif Rachman.

Disinggung lagi oleh Camat Junrejo, kondusifnya wilayah Junrejo menjadi atensi pertama, yang sebentar lagi akan melakasanakan Pilkades serentak, serta persiapan Pemerintah Kecamatan Junrejo mempunyai progres sesuai inisiasi masyarakat, agar bisa terwujud adanya sekolah SMPN baru, peningkatan status kantor Koramil, pemindahan kantor desa Beji, agar bisa ditindaklanjuti oleh Pemkot Batu untuk mendukung visi misi Wakikota Batu.

Selain itu, kata Komandan Pos Koramil 0818/34 Junrejo Peltu,Joko Ismanu, menegaskan terkait keamanan maupun secara teritorialnya wilayah Junrejo sangat kondusif, apalagi akan berlangsungnya pilkades serentak. Maka berdasarkan kondisi saat ini wilayah Junrejo masyarakatnya sangat sinergi di berbagai pihak. Maka pada kondisi seperti ini kami sebagai anggota TNI selalu melakukan pendekatan pada unsur semua pihak 8 agar masyarakat bisa hidup tentang, tentram, guyub rukun,”pungkasnya.

(10)