1 Tahun Gubernur, DPMPTSP Jabar Sudah Wujudkan Jabar Juara Antar Provinsi

Pewarta: Dwi/Pian

Koran SINAR PAGI (Bandung)-, Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat menjalankan tugas pokok dan fungsinya melaksanakan urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu, meliputi pengembangan iklim penanaman modal, promosi penanaman modal, pelayanan penanaman modal, pengendalian pelaksanaan penanaman modal, data dan sistem informasi penanaman modal, serta pelayanan terpadu satu pintu yang menjadi kewenangan Provinsi, melaksanakan tugas dekonsentrasi sampai dengan dibentuk Sekretariat Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat dan melaksanakan tugas pembantuan sesuai bidang tugasnya.

Kepala Seksi Fasilitasi Bidang Pengembangan Program dan Promosi DPMPTSP Jawa Barat, Jajang menyampaikan pada tahun ini kegiatan investasi penanaman modal dan pelayananan publik memperoleh prestasi yang membanggakan dari 33 provinsi Provinsi Jawa Barat dipringkat pertama, ungkapnya kepada wartawan di kantornya Jalan Windu Nomor 26 Bandung (17-9-2019)

Lebih lanjut Jajang memaparkan di wilayah Jawa Barat ini, ada beberapa kabupaten/kota yang sudah memiliki Mall Pelayanan Publik sesuai dengan standar Kemenpan RB. Diantaranya pemerintah daerah Kabupaten Sumedang, Bekasi dan Bogor. Selain itu untuk pemohon dokumen perijinan sudah bisa cetak mandiri melalui Online Single Submission OSS, jadi tidak perlu ke kantor DPMPTSP.

Saat ditanya tentang perijinan yang berbayar dan tidak berbayar atau melalui calo/surat kuasa? Jajang menjelaskan perijinan yang berbayar itu hanya ijin Trayek dan penangkapan ikan. Itu biayanya variatif. Selain itu tidak ada biaya, misalnya ijin pendirian Sekolah Menengah Atas /Kejuruan, ijin pertambangan IUP/IUPOP itu gratis.

Perihal pengajuan melalui surat kuasa itu dibolehkan oleh aturan, karena bisa saja yang memegang surat kuasa lebih paham tentang proses perijinanya. Dinas juga siap menerima laporan jika ada pemohon perijinan yang tidak puas atau mengeluhkan proses perijinannya.

Pada kesempatan interaktif bersama wartawan , Jajang mengajak melihat langsung ke tempat pelayanan perijinan. Terlihat ada fasilitas ramah anak dan pojok baca diruang tunggu. Ruangan terta rapi dan nyaman. Ini merupakan kantor baru DPMPTSP yang lebih baik dan lengkap dibandingkan kantor lama.

(42)