Pemilik Taiwan Yi Long Precision Industry Datangi Bumi Caram Seguguk

Pewarta: Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Taiwan Yi Long Precision Industry Co Ltd siap menyulap Desa Burai Kecamatan Tanjungbatu Kabupaten Ogan Ilir (OI) menjadi Kota Minapolitan, bahkan Pemilik Taiwan Yi Long Precision Industry Co Ltd, Mr Wen Ching Liu dan Mr Kuo Chuan Ma langsung mendatangi Bumi Caram Seguguk.

PT Bersama Sukses Sentosa Sejahtera (BS3) yang merupakan mitra Taiwan Yi Long Precision Industry Co Ltd adalah sebagai perusahaan yang menjadi pintu gerbang yang menawarkan peluang transfer teknologi, investasi dan bisnis, untuk membangun Ogan Ilir (OI).

Direktur Utama BS3, Asnaini Khamsin Selasa (17/09/19) mengatakan pihaknya sudah diterima baik oleh Bupati OI H Ilyas Panji Alam untuk berinvestasi di Bumi Caram Seguguk.

Saat ini pihaknya tengah meninjau lokasi yang dibutuhkan untuk membangun Desa Burai sebagai Kota Minapolitan menjadi salah satu icon OI.

“Ya, apa yang dibutuhkan oleh masyarakat OI kita siap membantu, misalnya pembangunan rumah sakit berstandar internasional, pengolahan sampah yang baik untuk menghasilkan listrik 6 Mega Watt/300 ton sampah per hari, Jadi kita siap menyulap Desa Burai menjadi Kota Minapolitan, yang jelas kita ingin OI maju,” ujar Asnaini yang merupakan anak dari Husni Tamrin bin H Muhammad Nur yang asli Talang Balai ini

Menurutnya kerjasama serupa sudah dilakukan dibeberapa kabupaten Provinsi Lombok dan dinyatakan berhasil, tinggal menunggu realisasinya.

Sementara Ketua Tim Taiwan Yi Long Precision Industry Co Ltd, DR Arya Adi mengatakan, pihaknya berminat melakukan investasi di OI, karena OI dinilai sebagai daerah strategis di Sumsel dengan memiliki sumber daya alam berlimpah yang perlu pengelolaan optimal.

“Kita berharap dalam melakukan investasi ini tidak ada halangan apapun, baik soal perizinan, lahan dan sebagainya selain itu kita juga ingin meningkatkan PAD, menambah penghasilan masyarakat. Yang jelas apa yang menjadi skala prioritas pertanian, perikanan, Insya Allah akan dilaksanakan,” jelasnya

Disinggung soal berapa jumlah dana yang akan digelontorkan untuk investasi tersebut, DR Arya Adi menegaskan, saat ini pihaknya belum bisa memberikan rincian besaran nilai investasi dan para konsultan untuk melakukan pengecekan, karena diperlukan perhitungan matang untuk berinvestasi.

Plt.Kadis Perikanan Kabupaten OI, Fachrudin didampingi Kabid Perikanan Tangkap, Hasan Heri mengatakan, dengan kedatangan utusan perusahaan dari Taiwan tersebut, ia berharap di Caram Seguguk makin ramai pengusaha berinvestasi dan makin banyak membuka lowongan pekerjaan bagi warga, disamping itu fasilitas kebersihan untuk rakyat makin baik.

(21)