KONI Garut Gelar Rakor Bersama Pengurus Cabor

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Garut terus melakukan pendampingan baik pembinaan dari sisi organisasi maupun pembinaan para atlet yang akan dipersiapkan dalam event Porkab 2020, PON Papua 2020 bahkan Porda 2022.

Hal ini terlihat saat KONI Garut menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan para pengurus Cabor di Aula Kampus STTG Jl. Mayor Syamsu No. 1 Garut (16/9/2019), yang dihadiri para pengurus cabor serta pengurus Koni Garut.

Ketua Umum KONI Garut, Abdusy Syakur Amin mengatakan, kegiatan ini tidak hanya membahas pembinaan atlet tapi juga dibahas tentang tata kelola administrasi terutama mengenai pengelolaan penyaluran dana baik untuk pembinaan maupun untuk peralatan cabor yang bersumber dari dana hibah yang diterima KONI Garut, sebagai wujud dari akuntabilitas dan transparansi tata kelola organisasi di tubuh KONI Garut.

“Sosialisasi prosedur pencairan dana ini sangat penting dilakukan supaya tidak terjadi salah informasi diantara pengurus KONI dan Cabor, semua dilakukan agar proses penyaluran berjalan mudah, transparan dan bisa dipertanggungjawabkan” ungkapnya.

Syakur menambahkan, Rapat Koordniasi ini sekaligus merupakan ajakan kepada semua cabor agar sedini mungkin mempersiapkan Pekan Olah Raga Kabupaten (Pokab) yang akan dilaksanakan di tahun 2020, karena ini merupakan amananat organisasi serta merupakan puncak dari kegiatan olah raga di Kabupaten Garut.

“Kita berharap banyak cabor yang bisa ikut berpartisipasi dalam Porkab nanti tentunya dengan tetap memenuhi kaidah dan aturan yang disepakati bersama, dengan persiapan yang cukup matang diharapkan Porkab bisa berjalan dengan baik dan memenuhi target yang diharapkan, bukan sekedar melaksanakan amanat saja tapi pembinaan serta regenerasi atlet juga bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Sementara Ketua Bidang Organisasi KONI Garut, Ade Hendrasyah mengungkapkan rapat koordniasi dengan pengurus cabor ini merupakan amanat AD/ART serta tidak lanjut dari hasil Musorkab KONI yang lalu.

Agenda dalam rapat koordinasi ini lebih banyak membahas tentang evaluasi kinerja cabor dan tentunya KONI Garut, tapi seiring dengan dinamika rapat ada hal yang cukup menarik yaitu agenda persiapan melaksanakan Pekan Olah Raga Kabupaten (Porkab), rapat koordniasi ini sekaligus menjadi seruan dan ajakan kepada pengursus Cabor untuk mempersiapakan sedini mungkin agar Porkab 2020 nanti lebih baik dari Porkab 2016 lalu baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Diharapkan dalam waktu dekat sudah dibentuk Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) setalah ditingkat cabor sudah memiliki supervisor sebagai teman diskusi dan koordniasi dengan pihak panitia maupun KONI nanti” Ungkapnya.

Salah satu pengurus Cabor Arung Jeram Tanto Sudianto Rieza menyambut baik dengan dilaksanakanya rapat koordinasi ini. Rapat koordinasi ini selain bisa dijadikan ajang komunikasi antara pengurus cabor dan KONI Garut juga bisa sedini mungkin menyelesaian perosalan-persoalan yang timbul, salah satunya tata kelola organisasi dan pembinaan bibit-bibit atlet sehingga misalnya persoalan jual beli atlet bisa kita hindari dan kalau bisa dihilangkan paling tidak untuk Kabupaten Garut.

“Kita menyambut baik dengan Rapat koordinasi ini, apalagi tadi juga dibahas tentang alur prosedur pencairan dana bantuan serta persiapan Porkab 2020, alhamdullilah kita jadi mengetahui” tandas Tanto.

(11)